Jokowi Bertemu Xi Jinping, Perkuat Kerja Sama RI dan China

Selasa, 26 Juli 2022 - 20:09 WIB
loading...
Jokowi Bertemu Xi Jinping, Perkuat Kerja Sama RI dan China
Layar raksasa di pusat perbelanjaan menunjukkan Presiden China Xi Jinping bertemu Presiden RI Joko Widodo di Beijing, China, 26 Juli 2022. Foto/REUTERS/Thomas Peter
A A A
BEIJING - Presiden China Xi Jinping menyambut Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan ke China pada 25-26 Juli 2022.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo melakukan pembicaraan yang ramah dan bersahabat.

Keduanya bertukar pandangan mendalam tentang hubungan bilateral dan berbagai isu internasional dan regional yang menjadi kepentingan bersama, dan mencapai konsensus penting.

Perdana Menteri (PM) China Li Keqiang dari Dewan Negara juga bertemu dengan Presiden Joko Widodo.



Kedua Presiden memuji pencapaian kedua negara dalam memerangi pandemi COVID-19 dan mengamankan peremajaan dan pembangunan ekonomi.

“Indonesia sebelumnya mengucapkan selamat kepada China untuk keberhasilan penuh Kongres Nasional Partai Komunis China ke-20 yang akan datang, yang akan memandu langkah China menuju pencapaian tujuan keseratus kedua untuk membangun negara sosialis modern yang hebat dalam segala aspek,” papar pernyataan yang dirilis Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI di Jakarta.



China juga terlebih dahulu mengucapkan selamat kepada Indonesia karena telah mewujudkan cita-citanya menjadi negara maju pada peringatan seratus tahun berdirinya Indonesia pada tahun 2045 mendatang.

Jokowi dan Xi Jinping sepakat bahwa Kemitraan Strategis Komprehensif China-Indonesia telah mempertahankan momentum pembangunan yang kuat sejak 2013.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)