RS Terbesar Sri Lanka Bangkrut, Pasien Masih Kesakitan Tak Diobati

Selasa, 26 Juli 2022 - 14:19 WIB
loading...
A A A
"Sistem perawatan kesehatan Sri Lanka yang dulu kuat sekarang dalam bahaya," kata Koordinator Residen PBB Hanaa Singer-Hamdy dalam sebuah pernyataan.

"Yang paling rentan menghadapi dampak terbesar."

Bank Dunia baru-baru ini mengalihkan dana pembangunan untuk membantu Sri Lanka membayar obat-obatan yang sangat dibutuhkan, termasuk vaksin anti-rabies.

India, Bangladesh, Jepang, dan negara-negara lain telah membantu dengan sumbangan untuk sektor perawatan kesehatan, sementara warga Sri Lanka yang tinggal di luar negeri ikut serta dengan mengirimkan obat-obatan dan peralatan medis ke rumah.

Tetapi Presiden baru Ranil Wickremesinghe telah memperingatkan bahwa krisis ekonomi negara itu kemungkinan akan berlanjut hingga akhir tahun depan, dan Sri Lanka menatap prospek krisis kesehatan masyarakat yang lebih buruk yang akan datang.

Hiperinflasi telah mendorong harga pangan begitu tinggi sehingga banyak rumah tangga berjuang untuk memenuhi kebutuhan makan mereka sendiri.

Menurut Program Pangan Dunia, hampir lima juta orang—22 persen dari populasi—membutuhkan bantuan makanan, dengan lebih dari lima dari setiap enam keluarga melewatkan makan, makan lebih sedikit atau membeli makanan berkualitas rendah.

"Jika krisis berlarut-larut, lebih banyak bayi akan meninggal, dan malnutrisi akan merajalela di Sri Lanka," kata Dr Vasan dari asosiasi petugas medis kepada AFP.

"Ini akan membawa sistem perawatan kesehatan kita ke ambang kehancuran."
(min)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)