RS Terbesar Sri Lanka Bangkrut, Pasien Masih Kesakitan Tak Diobati

Selasa, 26 Juli 2022 - 14:19 WIB
loading...
RS Terbesar Sri Lanka Bangkrut, Pasien Masih Kesakitan Tak Diobati
Rumah Sakit Nasional Sri Lanka, rumah sakit terbesar di negara itu, bangkrut akibat krisis ekonomi. Para pasien yang masih kesakitan tidak diobati. Foto/Daily News
A A A
KOLOMBO - Seluruh bangsal gelap dan hampir kosong di rumah sakit terbesar di Sri Lanka . Beberapa pasien yang masih kesakitan tidak diobati, dan para dokter bahkan tidak datang untuk shift mereka.

Krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya telah memberikan pukulan telak terhadap sistem perawatan kesehatan gratis dan universal, yang hanya beberapa bulan sebelumnya membuat iri negara-negara tetangga di Asia Selatan.

Menderita diabetes dan tekanan darah tinggi yang meradang persendiannya, Theresa Mary (70) pergi ke ibu kota; Kolombo, untuk berobat di Rumah Sakit Nasional Sri Lanka.

Karena tidak dapat menemukan tumpangan untuk perjalanan terakhirnya, dia harus berjalan pincang sejauh lima kilometer.

Dia dipulangkan empat hari kemudian, masih merasa sulit untuk berdiri, karena apotek telah kehabisan obat penghilang rasa sakit bersubsidi.

Baca juga: Derita Para Wanita Sri Lanka akibat Negara Bangkrut: Barter Makanan dengan Seks

"Dokter meminta saya untuk membeli obat-obatan dari apotek swasta, tetapi saya tidak punya uang," kata Mary kepada AFP, Selasa (26/7/2022).

"Lutut saya masih bengkak. Saya tidak punya rumah di Kolombo. Saya tidak tahu berapa lama saya harus berjalan."

Rumah Sakit Nasional Sri Lanka biasanya melayani orang-orang di seluruh negeri yang membutuhkan perawatan spesialis, tetapi sekarang berjalan dengan staf yang berkurang dan banyak dari 3.400 tempat tidurnya tergeletak tidak terpakai.

Persediaan peralatan operasi dan obat-obatan penyelamat hampir habis, sementara kekurangan bahan bakar kronis telah membuat pasien dan dokter tidak dapat melakukan perjalanan untuk perawatan pasien.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1004 seconds (10.55#12.26)