Tersangka Pembunuh Shinzo Abe Jalani Pemeriksaan Mental

Minggu, 24 Juli 2022 - 05:30 WIB
loading...
Tersangka Pembunuh Shinzo Abe Jalani Pemeriksaan Mental
Tetsuya Yamagami dikawal polisi saat dibawa ke kejaksaan pada 10 Juli 2022. Foto/REUTERS/kyodo
A A A
TOKYO - Pria yang dituduh membunuh mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan menjalani pemeriksaan kondisi mentalnya sekitar waktu penembakan terjadi.

Kabar tersebut diungkapkan media lokal pada Sabtu (23/7/2022). Abe ditembak mati di lokasi kampanye pada 8 Juli di kota barat Nara, dua hari sebelum pemilihan majelis tinggi negara itu.

Terdakwa pembunuhan itu, Tetsuya Yamagami ditahan dan dilaporkan menargetkan Abe karena dia yakin mantan pemimpin itu terkait dengan Gereja Unifikasi.



“Pada Jumat, Pengadilan Distrik Nara menyetujui permintaan kantor kejaksaan setempat untuk pemeriksaan psikiatri Yamagami yang berusia 41 tahun,” ungkap laporan Asahi Shimbun dan media lokal, mengutip sumber investigasi yang tidak disebutkan namanya.

“Pemeriksaan diharapkan selesai pada akhir November,” papar laporan itu.

Pemeriksaan penyidikan terhadap tersangka akan dihentikan selama pemeriksaan mental.



“Jaksa akan menentukan apakah Yamagami dapat menanggung tanggung jawab pidana berdasarkan pemeriksaan mental, sebelum membuat keputusan apakah akan mendakwanya,” ungkap laporan itu.

Abe adalah politisi paling terkenal di Jepang, mempertahankan posisi menonjol dalam kehidupan publik bahkan setelah mengundurkan diri pada 2020 karena alasan kesehatan.

Dia juga seorang tokoh kontroversial yang menghadapi tuduhan kronisme dan dikritik karena pandangan nasionalisnya yang kukuh.

Pejabat kejaksaan dan pengadilan tidak dapat segera dihubungi untuk mengkonfirmasi laporan media lokal itu.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)