Foto Erdogan dengan Putin Dicap sebagai Tantangan bagi NATO

Minggu, 24 Juli 2022 - 00:15 WIB
loading...
Foto Erdogan dengan Putin Dicap sebagai Tantangan bagi NATO
Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Presiden Turki Tayyip Erdogan bertemu di Teheran, Iran, 19 Juli 2022. Foto/REUTERS/Turkish Presidential Press Office
A A A
BERLIN - Menteri Luar Negeri (Menlu) Jerman Annalena Baerbock menyebut foto bersama Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan baru-baru ini sebagai tantangan bagi NATO.

Gambar itu diambil selama pertemuan antara para pemimpin Rusia dan Turki di Iran.

Foto tersebut menampilkan tiga presiden, dengan tuan rumah Presiden Iran Ebrahim Raisi di tengah, berpegangan tangan dan tersenyum.

Baca juga: Ukraina Lanjutkan Ekspor Gandum dari Pelabuhan Meski Ada Serangan Rusia

Dalam wawancara dengan Bild yang diterbitkan pada Sabtu (23/7/2022), Baerbock mencatat, “Gambar ini lebih dari tidak dapat dipahami baginya, terutama dari sudut pandang anggota NATO.”

Selama menjadi bagian dari aliansi, Turki telah menyimpang dari negara anggota lain dalam memilih sikap netral dalam konflik Ukraina.

NATO secara keseluruhan dan resmi menganggap Rusia sebagai ancaman. “Fakta bahwa presiden Turki ada di foto ini adalah satu tantangan, secara halus,” papar dia.

Baca juga: Rusia Hancurkan Pangkalan Unit Black Hundred Ukraina, 300 Tentara Tewas

Menurutnya, foto tersebut membuktikan pentingnya berdiri bersama “dengan nilai-nilai mitra” yang “tidak hanya percaya pada aturan internasional, tetapi juga membela mereka.”

“Karena ada aktor-aktor lain yang tidak membela nilai-nilai kita, dan jika ragu-ragu mereka juga ikut-ikutan,” papar dia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3788 seconds (11.252#12.26)