Israel Tingkatkan Penjualan Senjata ke Negara-negara Arab

Minggu, 24 Juli 2022 - 06:01 WIB
loading...
A A A
Ini mengembangkan ketergantungan pelanggan tertentu pada negara vendor.

Israel dan Amerika Serikat (AS) berusaha membangun aliansi pertahanan dengan negara-negara Perjanjian Abraham, Mesir dan Yordania.

Mereka berharap ini akan diumumkan selama kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Arab Saudi Sabtu lalu, tetapi Arab Saudi dan Uni Emirat Arab mengumumkan mereka tidak akan bergabung dengan aliansi semacam itu.

Menurut laporan itu, jika AS menimbulkan ancaman militer yang kredibel terhadap Iran, hubungan dengan Israel akan diperkuat, dan pembentukan aliansi akan lebih dekat.

Yang perlu dicatat, langkah-langkah sedang diambil di belakang layar. Karena sebagian pejabat menutup-nutupi hubungan keamanan dengan negara-negara Teluk, beberapa peristiwa ini luput dari radar media.

Dalam konteks ini, Komando Pusat Angkatan Darat AS (Centcom) mengadakan pertemuan antara para pemimpin dinas keamanan di negara-negara di bawah tanggung jawab Centcom, termasuk negara-negara yang tidak memiliki hubungan resmi dengan Israel.

Laporan tersebut menunjukkan dalam pertemuan ini, mereka berbicara tentang rencana, kebutuhan militer, latihan bersama dan skenario.

Laporan itu juga menambahkan, pertemuan diadakan sepanjang tahun di berbagai tingkat, termasuk menteri pertahanan dan keamanan, kepala staf angkatan darat dan perwira tingkat bawah.

Selama setahun terakhir, perwakilan dari badan keamanan Israel telah berpartisipasi dalam sekitar 150 pertemuan semacam itu dengan rekan-rekan mereka dari negara-negara Teluk, Mesir dan Yordania.

Kementerian Pertahanan dan tentara Israel secara efektif menggantikan Mossad, yang mengurus hubungan semacam itu selama bertahun-tahun ketika mereka masih dirahasiakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)