AS Tambah Bantuan Senjata untuk Ukraina Senilai Rp4 Triliun

Sabtu, 23 Juli 2022 - 11:57 WIB
loading...
AS Tambah Bantuan Senjata untuk Ukraina Senilai Rp4 Triliun
AS kembali menambah bantuan senjata untuk Ukraina senilai lebih dari Rp4 triliun untuk melawan invasi Rusia. Foto/armyrecognition.com
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih telah mengumumkan bahwa Amerika Serikat (AS) akan mengirimkan senjata tambahan senilai USD270 juta (lebih dari Rp4 triliun) ke Ukraina .

Paket bantuan baru ini akan mencakup lebih banyak sistem roket jarak menengah dan drone taktis.

Pengumuman pada hari Jumat menjadikan total bantuan militer dan ekonomi AS yang diberikan kepada Ukraina oleh pemerintahan Presiden AS Joe Biden menjadi USD8,2 miliar (lebih dari Rp122,7 triliun).

Sebagian dari total bantuan itu telah dibayarkan USD40 miliar dalam bentuk bantuan ekonomi dan keamanan yang disetujui oleh Kongres pada bulan Mei lalu.



Paket bantuan terbaru Amerika kali ini mencakup empat Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi atau HIMARS dan kemungkinan sebanyak 580 drone Phoenix Ghost.

Kedua senjata penting itu akan memungkinkan Ukraina untuk tetap berperang meskipun ada supremasi artileri Rusia. Demikian disampaikan John Kirby, koordinator Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih untuk komunikasi strategis.

Bantuan terakhir juga mencakup sekitar 36.000 butir amunisi artileri dan amunisi tambahan untuk HIMARS.

“Presiden sudah jelas bahwa kami akan terus mendukung pemerintah Ukraina dan rakyatnya selama diperlukan,” kata Kirby, seperti dikutip Al Jazeera, Sabtu (23/7/2022).

Perkembangan itu terjadi ketika pasukan Ukraina telah menggunakan peluncur roket dan drone taktis buatan AS untuk menghancurkan puluhan target Rusia dan menahan gerak pasukan Rusia yang lebih besar dan lebih lengkap dalam hal persenjataan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)