Giliran Bos CIA Bantah Kesehatan Vladimir Putin Memburuk

Kamis, 21 Juli 2022 - 15:13 WIB
loading...
Giliran Bos CIA Bantah Kesehatan Vladimir Putin Memburuk
Bos CIA menyatakan tidak ada informasi intelijen yang menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin dalam kondisi kesehatan yang buruk atau tidak stabil. Foto/news.harvard.edu
A A A
WASHINGTON - Direktur badan intelijen Amerika Serikat (AS), CIA , membantah spekulasi terkait kondisi kesehatan Presiden Rusia Vladimir Putin . Ia mengatakan, tidak ada informasi intelijen yang menyatakan bahwa Putin tidak stabil atau dalam kesehatan yang buruk.

Spekulasi terkait kondisi kesehatan Putin, yang akan berusia 70 tahun pada tahun ini, merebak di media. Putin diduga menderita kanker meski belum dikonfirmasi.

Namun bos CIA, William Burns mengatakan, tidak ada bukti yang menunjukkan hal ini. Ia bahkan bercanda dengan menyebut Putin tampak "terlalu sehat".

"Ada banyak rumor tentang kesehatan Presiden Putin dan sejauh yang kami tahu dia terlalu sehat," kata Burns di Forum Keamanan Aspen di Colorado seperti dikutip dari BBC, Kamis (21/7/2022).

Menanggapi dengan tertawa, dia menambahkan bahwa ini bukan penilaian intelijen formal.

Burns, yang menjabat sebagai duta besar untuk Moskow, mengatakan dia telah mengamati dan berurusan dengan pemimpin Rusia itu selama lebih dari dua dekade.

"Putin adalah orang yang sangat percaya pada kontrol, intimidasi, serta pembalasan dendam dan sifat-sifat ini telah mengeras selama dekade terakhir karena lingkaran penasihatnya telah menyusut," kata bos CIA itu.

"Dia yakin bahwa takdirnya sebagai pemimpin Rusia adalah mengembalikan Rusia sebagai kekuatan besar. Dia percaya kunci untuk melakukan itu adalah menciptakan kembali lingkup pengaruh di lingkungan Rusia dan dia tidak dapat melakukannya tanpa mengendalikan Ukraina," imbuhnya.

Burns melakukan perjalanan ke Moskow pada bulan November untuk memperingatkan tentang konsekuensi serius menyerang Ukraina menyusul informasi intelijen yang dikumpulkan AS tentang rencana Rusia. Tetapi Direktur CIA mengatakan dia pergi "lebih bermasalah daripada ketika tiba".

Dikatakan oleh Burns bahwa rencana presiden Rusia didasarkan pada asumsi yang sangat cacat dan beberapa ilusi nyata terutama tentang Ukraina dan keinginan untuk melawan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)