Kissinger Peringatkan Biden Soal China, AS Pontang-panting Cari Pengaruh

Kamis, 21 Juli 2022 - 00:30 WIB
loading...
A A A
Sementara Kissinger mungkin telah memfasilitasi kebangkitan China ke tampuk kekuasaan, pemerintahan Donald Trump dan Biden telah berusaha melawan kenaikan ini.

Trump menuduh Beijing melakukan praktik perdagangan yang tidak adil dan memberlakukan tarif yang kaku pada impor China, sementara militer AS mencantumkan “tantangan (China) di Indo-Pasifik” sebagai prioritas nomor satu, klasifikasi yang tetap tidak berubah di era Biden.

Biden juga mempertahankan banyak tarif pendahulunya, dan telah membentuk pakta keamanan AUKUS dengan Inggris dan Australia serta pengaturan Mitra di Pasifik Biru (PBP) dengan Jepang, Australia, Selandia Baru, dan Inggris.

Kedua aliansi yakni pakta keamanan formal AUKUS dan kesepakatan yang lebih informal PBP ditujukan untuk melawan pengaruh China di kawasan Indo-Pasifik.

Biden mengatakan pada Mei bahwa AS akan melakukan intervensi militer jika China menginvasi Taiwan.

Apakah disengaja atau tidak disengaja, pernyataannya melanggar kebijakan “Satu China” Gedung Putih, komunike tahun 1972 yang dirancang Departemen Luar Negeri Kissinger yang mengakui, tetapi tidak mendukung, kedaulatan China atas pulau itu.

Meskipun komentar Biden diabaikan pejabat Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri, itu mendapatkan teguran dari Kissinger, yang dalam wawancara di pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia di resor Swiss Davos mengatakan, “Taiwan tidak dapat menjadi inti dari negosiasi antara China dan Amerika Serikat.”

“Masalah Taiwan tidak akan hilang,” lanjut Kissinger. “Sebagai subjek langsung konfrontasi, itu pasti akan mengarah pada situasi yang dapat berubah menjadi bidang militer, yang bertentangan dengan kepentingan dunia dan kepentingan jangka panjang China dan Amerika Serikat.”

"Tentu saja penting untuk mencegah hegemoni China atau negara lain mana pun," tambah Kissinger dalam komentarnya kepada Bloomberg.

Namun, dia memperingatkan, "Itu bukan sesuatu yang bisa dicapai dengan konfrontasi tanpa akhir."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)