PM Sri Lanka Terpilih Jadi Presiden Gantikan Gotabaya Rajapaksa yang Kabur

Rabu, 20 Juli 2022 - 15:20 WIB
loading...
A A A
Hadir di ruang parlemen untuk pemungutan suara adalah tiga anggota keluarga Rajapaksa yang masih menjadi anggota parlemen, termasuk kakak laki-laki Gotabaya Rajapaksa, mantan presiden dan perdana menteri Mahinda Rajapaksa. Itu adalah kemunculan publik pertama bagi keluarga Rajapaksa sejak Gotabaya Rajapaksa terpaksa meninggalkan negara itu.



Ada perlawanan sengit dan protes di jalan-jalan terhadap kepresidenan Wickremesinghe. Banyak yang khawatir dia akan melindungi Rajapaksa yang berkuasa agar tidak dimintai pertanggungjawaban dan tidak akan memicu perubahan sistemik yang dituntut oleh gerakan protes.

Dalam beberapa hari terakhir, Wickremesinghe, yang mengumumkan keadaan darurat minggu ini, telah membuat pernyataan yang menyebut pengunjuk rasa sebagai “fasis” dan mengindikasikan dia akan menindak demonstrasi jika dia menjadi presiden.

Wickremesinghe memiliki lebih dari empat dekade pengalaman dalam politik dan telah menempatkan dirinya sebagai sepasang tangan yang berpengalaman dan cakap untuk membimbing Sri Lanka melalui krisis politik dan ekonomi terburuk dalam sejarahnya, dan khususnya membantu negara tersebut menegosiasikan bailout kritis dari Dana Moneter Internasional.

Namun, legitimasinya di kalangan pemilih telah dinodai oleh hubungan dekatnya dengan Rajapaksa, dan banyak orang dalam gerakan protes rakyat, yang dikenal sebagai Aragaya, telah bersumpah untuk melanjutkan protes mereka sampai dia juga mundur.

Saat pemungutan suara rahasia berlangsung pada hari Rabu, protes diam diadakan di sekretariat presiden di Kolombo yang menyerukan agar Wickremesinghe mengundurkan diri.

Wickremesinghe sekarang akan menjabat selama sisa masa jabatan presiden Rajapaksa hingga November 2024.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2337 seconds (0.1#10.140)