China Coba Hentikan Kepala HAM PBB Rilis Laporan Xinjiang

Rabu, 20 Juli 2022 - 11:35 WIB
loading...
China Coba Hentikan Kepala HAM PBB Rilis Laporan Xinjiang
China Coba Hentikan Kepala HAM PBB Rilis Laporan Xinjiang. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - China meminta Komisaris Tinggi PBB, Michelle Bachelet untuk tidak merilis laporan tentang pelanggaran hak asasi manusia terhadap minoritas Uyghur di provinsi Xinjiang , menurut dokumen yang diperoleh wartawan.

Sebuah surat yang dilihat oleh Reuters dan dikonfirmasi oleh diplomat dari tiga negara, yang dikatakan telah menerimanya, menunjukkan "keprihatinan besar" China tentang laporan tersebut dan berusaha untuk mencegahnya dirilis.



Bachelet pergi ke China pada bulan Mei dan menghadapi kritik keras dari kelompok-kelompok hak asasi manusia karena tidak meluncurkan penyelidikan resmi atas pelanggaran yang dilakukan orang Uyghur. Dia kemudian mengumumkan keputusannya untuk tidak mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua.

Namun, Bachelet berjanji untuk merilis laporan yang telah lama ditunggu-tunggu tentang situasi di Xinjiang, sebelum meninggalkan jabatannya pada Agustus.

“Penilaian (terhadap Xinjiang), jika dipublikasikan, akan mengintensifkan politisasi dan blok konfrontasi di bidang hak asasi manusia, merusak kredibilitas OHCHR (Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia) dan merusak kerja sama antara OHCHR dan negara-negara anggota,” demikian bunyi surat tersebut.



"Kami sangat mendesak Komisaris Tinggi Madame untuk tidak mempublikasikan penilaian seperti itu," tambahnya.

Sebelumnya pada bulan Mei, penyelidikan media terhadap data yang bocor dari apa yang disebut “kamp pendidikan ulang” di Xinjiang mengungkapkan ribuan gambar polisi yang membuktikan bahwa tahanan Uighur menderita kekerasan fisik dan pemenjaraan yang melanggar hukum.

Lebih dari satu juta orang Uighur dan minoritas Muslim lainnya diperkirakan ditahan di pusat-pusat penahanan dan penjara yang dibangun di seluruh wilayah Xinjiang sejak 2017. Amerika Serikat menyebut tindakan China di Xinjiang sebagai "genosida" dan "kejahatan terhadap kemanusiaan."
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)