Sekjen NATO kepada Parlemen Eropa: Berhenti Mengeluh dan Bantu Ukraina

Rabu, 20 Juli 2022 - 03:37 WIB
loading...
A A A
Sambil mendesak Parlemen Uni Eropa untuk berhenti mengeluh dan memberikan bantuan keuangan ke Ukraina, Stoltenberg menekankan bahwa tidak membantu Ukraina dapat membahayakan Eropa.

"Adalah kepentingan kami untuk membantu Ukraina karena Anda harus memahami bahwa jika Ukraina kalah, itu bahaya bagi kami," katanya.

"Jika Anda tidak peduli dengan aspek moral ini, mendukung rakyat Ukraina, Anda harus peduli dengan kepentingan keamanan Anda sendiri."

"Bayar dukungan, bayar bantuan kemanusiaan, bayar konsekuensi sanksi ekonomi, karena alternatifnya adalah membayar harga yang jauh lebih tinggi di kemudian hari," imbuh Stoltenberg.

Laporan tentang komentar bos NATO itu muncul hampir bersamaan dengan pengungkapan Uni Eropa yang defisit peralatan pertahanan akibat membantu Ukraina.

Komisi Eropa pada Selasa menyetujui rencana anggaran 500 juta euro yang akan memungkinkan anggota Uni Eropa untuk bersama-sama mendapatkan senjata guna mengatasi kebutuhan mendesak untuk mengisi kembali defisit produk pertahanan.

Menurut komisi tersebut, proposal itu seharusnya memberi insentif kepada setidaknya tiga anggota Uni Eropa untuk membeli senjata bersama.

Proposal itu juga berusaha untuk menghindari persaingan di antara anggota blok untuk produk yang sama dan memfasilitasi penghematan biaya. Langkah ini diharapkan akan dibiayai oleh dana Uni Eropa untuk dua tahun ke depan.

“Hari ini kami mengambil langkah maju yang bersejarah dalam integrasi pertahanan Eropa. Saat perang berkecamuk di perbatasan Eropa, kami menanggapi seruan Kepala Negara Uni Eropa dengan menghadirkan hari ini instrumen baru untuk mendukung...akuisisi senjata bersama,” kata Thierry Breton, Komisaris Uni Eropa untuk Pasar Internal.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)