Sekjen NATO kepada Parlemen Eropa: Berhenti Mengeluh dan Bantu Ukraina

Rabu, 20 Juli 2022 - 03:37 WIB
loading...
Sekjen NATO kepada Parlemen Eropa: Berhenti Mengeluh dan Bantu Ukraina
Sekjen NATO Jens Stoltenberg mendesak Parlemen Eropa berhenti mengeluh dan bertindak membantu Ukraina yang sedang diinvasi Rusia. Foto/ REUTERS/Johanna Geron
A A A
BRUSSELS - Sekretaris Jenderal (Sekjen) NATO Jens Stoltenberg mendesak Parlemen Uni Eropa untuk berhenti mengeluh dan mengambil tindakan untuk membantu Ukraina selama perang yang sedang berlangsung dengan Rusia .

Mengutip laporan Kyiv Post, Rabu (20/7/2022), saat berbicara tentang Parlemen Eropa, Stoltenberg mengatakan bahwa negara-negara anggota Uni Eropa harus secara finansial mendukung Ukraina untuk menangkis serangan dari tentara Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Harga yang kami bayar sebagai Uni Eropa, sebagai NATO, adalah harga yang dapat kami ukur dalam mata uang, dalam uang," katanya.

"Harga yang dibayar [Ukraina] diukur dengan nyawa yang hilang setiap hari," katanya lagi.



Stoltenberg, yang telah menjadi sekretaris jenderal NATO sejak 2014, menambahkan: "Kita harus berhenti mengeluh dan meningkatkan dan memberikan dukungan, berhenti [mengeluh] sepenuhnya."

Laporan Kyiv Post tidak merinci kapan dan di mana Stoltenberg membuat komentar tersebut.

Sejak tentara Putin menginvasi Ukraina pada 24 Februari, Uni Eropa telah mengeluarkan enam paket sanksi terhadap Rusia, dengan yang terbaru termasuk larangan 90 persen impor minyak mentah Rusia.

Pada bulan Mei, Uni Eropa mengusulkan untuk menawarkan pinjaman sebesar 9 miliar euro dalam bentuk bantuan keuangan ke Ukraina, tetapi ini belum diselesaikan.

Corrierre della Sera, sebuah surat kabar Italia, melaporkan pada 10 Juli bahwa berbagai protagonis baik di Kiev maupun di Brussels telah mengonfirmasi bahwa Jerman telah memblokir paket tersebut selama lebih dari sebulan. Kantor Parlemen Eropa Jerman di Berlin belum berkomentar atas laporan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)