Biden Sebut Kunjungannya ke Saudi untuk Tegaskan Pengaruh AS di Timteng

Sabtu, 16 Juli 2022 - 04:02 WIB
loading...
Biden Sebut Kunjungannya ke Saudi untuk Tegaskan Pengaruh AS di Timteng
Biden Sebut Kunjungannya ke Saudi untuk Tegaskan Pengaruh AS di Timteng. FOTO/SPA
A A A
JEDDAH - Kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden ke Arab Saudi pada Jumat (15/7/2022) bertujuan untuk menegaskan kembali pengaruh Amerika di kawasan itu, setelah periode pengabaian.

Biden mengatakan, poros strategis Washington menjauh dari Timur Tengah telah menjadi kesalahan, dan perjalanannya ke Kerajaan akan “mempromosikan kepentingan AS.”



“Ada begitu banyak masalah yang dipertaruhkan. Saya ingin menjelaskan bahwa kita dapat terus memimpin di kawasan ini dan tidak menciptakan kekosongan, kekosongan yang diisi oleh China atau Rusia,” jelas Biden, seperti dikutip dari Arab News.

Biden tiba di Jeddah pada Jumat, setelah terbang langsung dari Tel Aviv. Ia mengakhiri kunjungannya ke Israel pada hari Kamis dengan janji bersama untuk menolak akses Iran ke senjata nuklir.

Biden menegaskan kembali dukungan AS untuk keunggulan militer regional Israel dan kemampuan “untuk mempertahankan dirinya sendiri.”



"AS menekankan bahwa bagian integral dari janji ini adalah komitmen untuk tidak pernah mengizinkan Iran memperoleh senjata nuklir, dan bahwa AS siap untuk menggunakan semua elemen kekuatan nasionalnya untuk memastikan hasil itu," bunyi pernyataan resmi pemerintah AS.

Biden juga menegaskan, mencegah nuklir Iran adalah "kepentingan keamanan vital bagi Israel dan AS”. Janji itu datang sehari setelah dia mengatakan kepada stasiun TV lokal, bahwa dia terbuka untuk "upaya terakhir" penggunaan kekuatan terhadap Iran.

Sementara Perdana Menteri Israel Lapid mengatakan, ancaman seperti itu adalah cara untuk mencegah konflik terbuka. "Satu-satunya cara untuk menghentikan nuklir Iran adalah jika Iran tahu dunia bebas akan menggunakan kekuatan," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)