Ingin Temui Raja Salman dan MBS, Biden Terbang Langsung dari Israel ke Saudi

Sabtu, 16 Juli 2022 - 00:32 WIB
loading...
Ingin Temui Raja Salman dan MBS, Biden Terbang Langsung dari Israel ke Saudi
Ingin Temui Raja Salman dan MBS, Biden Terbang Langsung dari Israel ke Saudi. FOTO/SPA
A A A
JEDDAH - Atas undangan Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Jeddah, Jumat (15/7/2022). Ia melakukan dalam kunjungan resmi dua hari di Kerajaan Arab Saudi .

Seperti dilaporkan Saudi Preaa Agency, Biden dijadwalkan akan bertemu dengan Raja Salman dan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz, Wakil Perdana Menteri.



Biden disambut di Terminal Kerajaan, di Bandara Internasional King Abdulaziz oleh Pangeran Khalid Al-Faisal, Penasihat Penjaga Dua Masjid Suci, Gubernur Wilayah Makkah, dan Putri Rima binti Bandar bin Sultan bin Abdulaziz, Duta Besar Saudi untuk Amerika Serikat Amerika Serikat.

Presiden juga diterima oleh Kuasa Usaha Kedutaan Besar Amerika Serikat di Kerajaan Martina Strong, dan Konsul Jenderal Amerika Serikat di Jeddah Faris Asad.

Ini merupakan hari ketiga dari perjalanan empat hari Biden melintasi Timur Tengah. Biden menghabiskan dua hari pertama bertemu dengan pejabat Israel. Lalu, ia melakukan perjalanan ke Tepi Barat pada Jumat untuk bertemu dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas dan lainnya sebelum terbang ke Arab Saudi.



Biden juga akan mengambil bagian dalam pertemuan dengan para pemimpin dari Dewan Kerjasama Teluk – Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi dan UEA, Sabtu (16/7/2022), sebelum kembali ke Washington. Para pemimpin negara tetangga Timur Tengah Mesir, Irak dan Yordania juga akan hadir.

Sebelumnya, Saudi menyatakan membuka jalan bagi pesawat-pesawat Israel untuk menggunakan wilayah udaranya dengan mengumumkan pencabutan pembatasan pada “semua operator”. Sebuah langkah yang disambut oleh Biden sebagai “bersejarah.”

“Keputusan Arab Saudi dapat membantu membangun momentum menuju integrasi lebih lanjut Israel ke kawasan itu, termasuk dengan Arab Saudi,” kata Biden, seperti dikutip dari Arab News. Penerbangan langsung Biden adalah yang pertama yang dilakukan oleh seorang presiden AS, dari Israel ke Arab Saudi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)