Mengenal Bunker Anti-Nuklir Rusia yang Ditempati Vladimir Putin

Kamis, 14 Juli 2022 - 17:10 WIB
loading...
Mengenal Bunker Anti-Nuklir Rusia yang Ditempati Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan bersembunyi di bunker bawah tanah, salah satunya di Pegunungan Altai, Rusia. Foto/east2west
A A A
MOSKOW - Ancaman perang nuklir kembali mencuat setelah konflik Rusia dan Ukraina yang tak kunjung berakhir. Semenjak invasi Rusia di Ukraina, Vladimir Putin disinyalir telah memindahkan keluarganya ke tempat aman.

Mereka ditempatkan di bunker anti-nuklir yang dimiliki pemerintah Rusia. Beberapa ahli menduga Putin menyembunyikan keluarganya di bunker Siberia yang terletak di Distrik Ongudaysky, dekat perbatasan Rusia dengan Mongolia, China, dan Kazakhstan.

Dikutip dari Express UK, bunker anti-nuklir tersebut dirancang khusus sebagai tempat perlindungan yang aman jika terjadi serangan nuklir.

Baca juga: Iklan Kencan dengan Wanita Ukraina Kesepian Bermunculan, Ini Sikap Inggris

Salah satu klaim datang dari Valery Solovey. Dia merupakan mantan kepala Departemen Hubungan Masyarakat di Institut Hubungan Internasional Moskow.

Solovey mengutarakan bunker anti-nuklir ini seperti surga yang mewah. Bunker tersebut dilengkapi teknologi canggih dan berlokasi di Pegunungan Altai.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak di Dunia, WHO Desak Pemakaian Masker Diwajibkan Lagi

Tempat tersebut dibuat khusus untuk perlindungan apabila terjadi Perang Nuklir di kemudian hari.

Meski belum diketahui secara pasti, Solovey mengacu pada rumah di Pegunungan Altai yang dibangun oleh perusahaan energi milik Rusia, Gazprom sekitar sepuluh tahun yang lalu.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa tempat tersebut sejatinya bukan bunker tetapi kota bawah tanah yang dilengkapi teknologi terbaru.

Salah satu pengamat juga menyebutkan terdapat beberapa titik ventilasi di sekitar bunker anti-nuklir tersebut.

Selain itu, ada juga saluran bertegangan tinggi yang terhubung ke gardu listrik modern 110 kilovolt yang bisa memberi daya bagi satu kota kecil.

Dikutip dari Mirror UK, Valery Solovey juga menduga Vladimir Putin kerap menghabiskan waktu disana.

Tempat tersebut dikatakan memiliki kedalaman hingga 1 kilometer dan bisa menampung hingga 100.000 orang. Menurutnya, Putin juga membawa Jenderal Gerasimov dan Shoigu bersamanya.

Selain keduanya, Bunker anti-nuklir tersebut juga berisi keluarga Vladimir Putin, termasuk anak-anaknya.

(sya)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2015 seconds (11.97#12.26)