Arab Saudi Dilaporkan Izinkan Seluruh Penerbangan dari Israel

Kamis, 14 Juli 2022 - 08:25 WIB
loading...
A A A
Jika Riyadh mengumumkan persetujuannya untuk penggunaan wilayah udaranya, perjalanan ke dan dari negara-negara tersebut akan menjadi perjalanan yang jauh lebih singkat.

Pekan lalu, Menteri Kerjasama Regional Israel Esawi Frej mengajukan permintaan resmi kepada otoritas Arab Saudi untuk mengizinkan perjalanan langsung bagi jemaah Muslim Israel yang berangkat haji ke Makkah.

Saat ini, Arab Saudi menerima jemaah Muslim yang tiba dari Israel ke Makkah tetapi mengharuskan mereka untuk melakukan perjalanan melalui negara ketiga, yang menurut Frej bisa menelan biaya hingga USD11.500 untuk perjalanan selama seminggu. Sementara itu, jemaah dari negara tetangga Arab membayar sekitar setengah dari jumlah itu.

Laporan CNN muncul di tengah spekulasi yang berputar-putar tentang potensi kesepakatan normalisasi antara Israel dan Arab Saudi selama kunjungan Biden.

Menurut CNN, pejabat pemerintahan Biden mengatakan bahwa normalisasi penuh antara Israel dan Arab Saudi kemungkinan tidak akan terjadi dalam waktu dekat, tetapi mengeklaim bahwa kerja sama antara kedua negara sedang berkembang.

"Tugas kami adalah masuk lebih dalam dengan negara-negara yang telah mendaftar dan memperluas jika kami bisa," tulis CNN mengutip seorang pejabat AS.

Biden mendarat di Israel pada hari Rabu untuk kunjungan pertama dari dua hari ke negara itu, yang termasuk upacara penyambutan di Bandara Internasional Ben-Gurion di mana presiden mengatakan hubungan antara rakyat Israel dan rakyat Amerika sangat dalam.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)