Mengerikan! Langit di South Dakota Berubah Jadi Hijau Jelang Badai

Jum'at, 08 Juli 2022 - 22:07 WIB
loading...
Mengerikan! Langit di South Dakota Berubah Jadi Hijau Jelang Badai
Langit di South Dakota, AS, berubah menjadi hijau jelang badai. Foto/Today
A A A
WASHINGTON - Langit di atas Air Terjun Sioux, South Dakota, Amerika Serikat (AS) berubah menjadi warna hijau yang menakutkan pada Selasa malam ketika badai kuat yang dikenal sebagai 'derecho' bergulung di seluruh negara bagian itu.

Sejumlah orang yang menyaksikan peristiwa itu memposting video dan foto di media sosial yang menampilkan fenomena cuaca yang tidak biasa.

Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional, derecho adalah badai angin yang menyebar luas dan berlangsung lama yang terkait dengan sekelompok hujan atau badai petir yang bergerak cepat seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (8/7/2022).

Baca juga: Dinamai Mulut Neraka, Lubang Raksasa di Rusia Telan Apa Pun di Atasnya

Salah satu badai tersebut melewati South Dakota dan negara bagian tetangganya pada hari Selasa lalu, dengan angin seperti tornado mencapai kecepatan hingga 160 kilometer per jam.

Sebelum terjadi, badai itu menyebabkan langit berubah warna menjadi hijau, yang diabadikan oleh sejumlah saksi dan kamera lalu lintas.

Seperti dilansir National Weather Service, badai derecho melanda sebagian besar South Dakota, Minnesota, dan Iowa dan dilaporkan menyebabkan hampir 30.000 orang di negara bagian itu tanpa listrik selama berjam-jam.

Baca juga: Lampu Misterius Mengambang di Langit San Diego, Netizen Garuk-garuk Kepala

Sementara badai ini agak umum di wilayah tersebut, yang kadang-kadang disebut sebagai 'dataran besar', fenomena langit hijau adalah pemandangan yang langka.

Sementara ahli meteorologi tidak sepenuhnya memahami mengapa langit terkadang berubah menjadi hijau menjelang badai, beberapa ilmuwan percaya itu adalah hasil dari awan yang membawa banyak air yang hanya memungkinkan cahaya biru untuk melewatinya.

Seharusnya, langit hijau muncul ketika cahaya biru itu bercampur dengan cahaya merah dan kuning Matahari.

Baca juga: Badai Pasir Selimuti Kuwait, Langit Berubah Jingga

(ian)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1524 seconds (10.177#12.26)