Penembakan Shinzo Abe Kejutkan Para Pemimpin Dunia

Jum'at, 08 Juli 2022 - 15:03 WIB
loading...
Penembakan Shinzo Abe Kejutkan Para Pemimpin Dunia
Penembakan mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe mengejutkan para pemimpin dunia. Foto/AP
A A A
JAKARTA - Sejumlah pemimpin dunia mengungkapkan keterkejutan dan kesedihannya atas insiden penembakan terhadap mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe , Jumat (8/7/2022). Mereka pun mendoakan agar Abe segera pulih.

Abe ditembak saat pidato kampanye di Jepang barat dan diterbangkan ke rumah sakit. Para pejabat mengatakan dia tidak bernapas dan jantungnya telah berhenti. Polisi telah menangkap seorang tersangka pria bersenjata di tempat kejadian. Serangan itu mengejutkan di salah satu negara teraman di dunia dengan beberapa undang-undang kontrol senjata yang paling ketat.

Menteri Luar Negeri Anthony Blinken mengatakan Amerika Serikat (AS) sangat sedih dan sangat prihatin atas percobaan pembunuhan Abe.

“Kami tidak tahu kondisinya. Kami tahu bahwa tampaknya dia telah ditembak. Pikiran kami, doa kami bersamanya, dengan keluarganya, dengan orang-orang Jepang. Ini adalah momen yang sangat, sangat menyedihkan," katanya di sela-sela pertemuan G20 di Bali, seperti dikutip dari The Associated Press.

Mantan Presiden AS Donald Trump mengatakan serangan terhadap Abe sangat menghancurkan. Dia menggambarkan Abe sebagai pria dan pemimpin yang benar-benar hebat.

Baca juga: Detik-detik Saat Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Ditembak

"Dia adalah teman sejati saya dan, yang lebih penting, Amerika," kata Trump.

“Ini adalah pukulan luar biasa bagi orang-orang hebat di Jepang, yang sangat mencintai dan mengaguminya. Kami semua berdoa untuk Shinzo dan keluarganya yang cantik!” sambung Trump di aplikasi media sosialnya.

Sedangkan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengungkapkan hal yang sama.

“Berita mengejutkan dari Jepang bahwa mantan PM Shinzo Abe telah ditembak. Pikiran kami bersama keluarganya dan orang-orang Jepang saat ini," cuit Albanese.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3183 seconds (10.177#12.26)