Pemerintahan Boris Johnson Goyah, 2 Mentri Utama Mundur

Rabu, 06 Juli 2022 - 02:27 WIB
loading...
A A A
Johnson awalnya menolak untuk menangguhkan Pincher dari Partai Konservatif, tetapi dia mengalah setelah keluhan resmi tentang tuduhan meraba-raba diajukan ke otoritas parlemen.



Kritikus menduga lambatnya Johnson untuk bereaksi karena dia tidak ingin berada dalam posisi memaksa Pincher untuk mengundurkan diri dari kursi Parlemen dan menyiapkan partai Konservatif untuk potensi kekalahan pemilihan khusus lainnya.

Bahkan sebelum skandal Pincher, muncul anggapan bahwa Johnson akan segera menghadapi mosi tidak percaya lagi.

Dalam beberapa minggu ke depan, anggota parlemen Konservatif akan memilih anggota baru untuk komite yang menetapkan aturan parlemen untuk partai. Beberapa kandidat telah menyarankan mereka akan mendukung perubahan aturan untuk memungkinkan mosi tidak percaya lagi. Aturan yang ada membutuhkan 12 bulan antar pemungutan suara tersebut.

Anggota parlemen senior Partai Konservatif Roger Gale, seorang kritikus lama Johnson, mengatakan dia akan mendukung perubahan aturan Komite Konservatif 1922.

"Johnson selama tiga hari sekarang telah mengirim menteri - dalam satu kasus menteri Kabinet - untuk membela yang tidak dapat dipertahankan, secara efektif berbohong atas namanya. Itu tidak bisa dibiarkan berlanjut,” kata Gale kepada BBC.

“Perdana menteri ini telah merusak reputasi partai yang membanggakan dan terhormat karena kejujuran dan kesopanan, dan itu tidak dapat diterima," tegasnya.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)