Rebut Luhansk, Rusia Alihkan Serangan ke Donetsk

Rabu, 06 Juli 2022 - 00:08 WIB
loading...
Rebut Luhansk, Rusia Alihkan Serangan ke Donetsk
Setelah berhasil merebut Luhansk, Rusia alihkan serangan ke Donetsk. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
KIEV - Pasukan Rusia menyerang sasaran di seluruh wilayah Donetsk timur Ukraina pada hari Selasa (5/7/2022). Serangan itu dilakukan untuk mempersiapkan jalan bagi kendaraan lapis baja yang diharapkan untuk mencoba mengambil lebih banyak wilayah ketika perang yang terlah berlangsung selama lima bulan memasuki fase baru.

Serangan itu, yang dilaporkan oleh pejabat regional dan militer Rusia, menyusul keberhasilan Rusia merebut kota Lysychansk di Ukraina pada Minggu, sebuah langkah yang memberinya kendali penuh atas wilayah Luhansk, salah satu tujuan perang utamanya.

Mengambil kendali penuh atas Donetsk, wilayah tetangga di Donbas, bagian timur industri Ukraina yang telah menjadi panggung pertempuran terbesar di Eropa selama beberapa generasi, adalah tujuan lain dari apa yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus".

"Pasukan Ukraina yang mundur dari Lysychansk pada akhir pekan mengambil garis pertahanan di daerah Donetsk pada hari Selasa," menurut Serhiy Gaidai, gubernur wilayah Luhansk.

"Pasukan Ukraina melawan upaya Rusia untuk maju menuju Sloviansk," kata juru bicara kementerian pertahanan Ukraina.

Sebagai gambaran tentang apa yang kemungkinan akan terus terjadi dalam beberapa minggu mendatang, Pavlo Kyrylenko, gubernur wilayah Donetsk, mengatakan di TV bahwa wilayahnya telah dihantam dalam semalam.

"Sloviansk dan Kramatorsk diserang. Mereka sekarang juga menjadi garis utama penyerangan musuh," katanya.



"Tidak ada tempat yang aman tanpa penembakan di wilayah Donetsk," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (6/7/2022).

Polisi di Sloviansk mengatakan seorang wanita telah tewas dan sedikitnya tiga orang lainnya terluka oleh serangan Rusia di pasar di sana. Reuters tidak dapat segera memverifikasi laporan tersebut secara independen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)