Rusia Beri Komentar Tegas Soal Prospek Ekspansi Dewan Keamanan PBB

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:29 WIB
loading...
Rusia Beri Komentar Tegas Soal Prospek Ekspansi Dewan Keamanan PBB
Anggota Dewan Keamanan PBB bertemu di kantor pusat PBB di New York, AS. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Rusia mendukung perluasan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB), tetapi tidak dengan mengakui Jerman dan Jepang.

Pernyataan tegas itu diungkapkan Duta Besar Rusia untuk China, Andrey Denisov, pada Senin (4/7/2022).

Berbicara selama sesi pleno Forum Perdamaian Dunia PBB di Beijing, Denisov, yang pernyataan utamanya telah dipublikasikan di akun media sosial kedutaan, mengklaim, “Dewan Keamanan telah menjadi tempat di mana rekan-rekan Barat melakukan propaganda, menyampaikan pandangan mereka. sebagai kebenaran tertinggi.”

Baca juga: China Bantah Tuduhan Berencana Ambil Alih Bulan Jadi Milik Sendiri

Oleh karena itu, menurutnya, ada kebutuhan mendesak untuk mereformasi PBB.

“Negara kami mendukung perluasan komposisi Dewan Keamanan PBB berdasarkan konsensus luas. Untuk melakukan ini, perlu meningkatkan pangsa negara-negara Afrika, Asia dan Amerika Latin,” ujar Denisov, menjelaskan langkah ini akan membuat Dewan Keamanan PBB “lebih demokratis.”

Baca juga: Agama Warga Negara Iran dan Persentasenya

Dia menambahkan, “Rusia terbuka untuk gagasan keanggotaan untuk India dan Brasil, tetapi tidak untuk Jerman dan Jepang, karena ini tidak akan mengubah keseimbangan internal dengan cara apa pun.”

Pernyataannya mengikuti beberapa seruan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk mencabut keanggotaan Rusia, di tengah operasi militer Moskow di negaranya.

Amerika Serikat (AS), bagaimanapun, telah berulang kali menjelaskan bahwa Rusia akan tetap menjadi anggota tetap DK PBB, karena tidak ada cara untuk mengecualikan negara tersebut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1162 seconds (10.101#12.26)