Norwegia Janjikan Rp15,6 Triliun untuk Dukung Ukraina

Sabtu, 02 Juli 2022 - 21:03 WIB
loading...
Norwegia Janjikan Rp15,6 Triliun untuk Dukung Ukraina
Norwegia Janjikan Rp15,6 Triliun untuk Dukung Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
OSLO - Pemerintah Norwegia pada Jumat (1/6/2022) menjanjikan 1 miliar Euro (Rp15,6 triliun) untuk membantu Ukraina mempertahankan diri, mendukung orang-orang yang membutuhkan dan untuk rekonstruksi setelah invasi Rusia.

Berbicara pada konferensi pers di Kiev bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Stoere mengatakan, Norwegia ingin mengungkapkan solidaritasnya dengan perjuangan Ukraina untuk bertahan hidup.

Baca: Ukraina Mulai Terapkan Visa Masuk bagi Warga Rusia

"Saya di sini untuk mengatakan bahwa perjuangan Ukraina bukan hanya untuk Ukraina. Ini tentang beberapa prinsip dasar dunia yang akan kami tawarkan kepada anak-anak kami. Ini tentang keamanan di Eropa, ini tentang nasib tetangga Anda," kata Stoere, seperti dikutip dari Reuters.

"Kami akan menjanjikan 1 miliar Euro untuk mendukung negara Anda dan rakyat Anda untuk sisa tahun 2022 dan untuk 2023," lanjutnya. "Perang ini adalah pelanggaran hukum internasional. Anda memiliki hak untuk membela diri dan kami memiliki hak untuk membantu Anda membela diri," tambahnya.

Ketika ditanya apakah Norwegia bersedia meningkatkan pasokan gas ke Eropa, Stoere mengatakan, Norwegia sudah memproduksi gas "secara maksimal", tetapi akan melakukan segala yang bisa dilakukan untuk menyediakan gas.

Baca: Ukraina Tuding Rusia Jatuhkan Bom Fosfor di Pulau Ular

Sementara Zelensky mengatakan, tekanan perlu terus dilakukan di Rusia sehingga perang akan berakhir. Dia mengatakan Rusia telah menggunakan rudal Kh-22 era Soviet yang dirancang untuk menghantam kapal induk atau benda besar lainnya untuk menyerang gedung berlantai sembilan biasa.

Rusia sendiri membantah menargetkan warga sipil. Ketika ditanya pada hari Jumat apakah Rusia telah menyerang gedung apartemen di desa resor Serhiivka, juru bicara Kremlin mengatakan: "Saya ingin mengingatkan Anda tentang kata-kata presiden bahwa Angkatan Bersenjata Rusia tidak bekerja dengan sasaran sipil".
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1297 seconds (10.55#12.26)