Ukraina Mulai Terapkan Visa Masuk bagi Warga Rusia

Sabtu, 02 Juli 2022 - 16:01 WIB
loading...
Ukraina Mulai Terapkan Visa Masuk bagi Warga Rusia
Ukraina Mulai Terapkan Visa Masuk bagi Warga Rusia. FOTO/TASS
A A A
KIEV - Ukraina telah memperkenalkan visa masuk untuk warga Rusia mulai 1 Juli. Langkah ini diambil Setelah pemutusan hubungan diplomatik Kiev dan penutupan kedutaan dan konsulat Ukraina di Rusia.

Kini, warga Rusia yang ingin pergi ke negara tetangga harus mengajukan permohonan visa di pusat-pusat kota. “Warga negara Rusia perlu mendapatkan visa untuk memasuki Ukraina mulai 1 Juli,” kata Kepala Dinas Perbatasan Ukraina, Serhiy Deyneko, seperti dikuti dari Radio Free Europe, Sabtu (2/7/2022).

Baca: Ukraina Tuding Rusia Jatuhkan Bom Fosfor di Pulau Ular

"Keputusan pemerintah Ukraina untuk membatalkan kunjungan bebas visa untuk Rusia mulai berlaku hari ini. Perjalanan bebas visa adalah hak istimewa bagi warga negara demokrasi maju yang tidak membunuh warga sipil atau membahayakan kedaulatan negara tetangga," tulis Deyneko di Facebook.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Ukraina mengatakan, warga Rusia dapat mengajukan permohonan visa masuk ke Ukraina di delapan kota di seluruh Rusia, yakni Moskow, St. Petersburg, Yekaterinburg, Kaliningrad, Kazan, Novosibirsk, Rostov-on-Don, dan Samara - di kantor VFS Global, sebuah perusahaan outsourcing visa.

Aplikasi akan diproses oleh misi diplomatik Ukraina di negara lain, karena Ukraina memutuskan hubungan diplomatik dengan Rusia tak lama setelah Moskow meluncurkan invasi tanpa alasan pada 24 Februari.

Baca: Dua Warga Inggris Kembali Tertangkap di Ukraina, Ancaman Hukuman Mati Menanti

Para pertengahan Juni, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan, langkah memperkenalkan visa untuk warga Rusia dilakukan "untuk melawan ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap keamanan nasional Ukraina."

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pada saat itu bahwa pihaknya akan menanggapi langkah tersebut dengan langkah-langkah "berdasarkan kepentingan nasional Rusia dan masalah kemanusiaan.

Saat ini, beberapa negara Eropa juga telah menghentikan aplikasi visa ke Rusia sebagai tanggapan atas agresi militernya di Ukraina.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2188 seconds (11.252#12.26)