Ukraina: Perang dengan Rusia Menuju Klimaks yang Menakutkan!

Jum'at, 24 Juni 2022 - 07:16 WIB
loading...
Ukraina: Perang dengan Rusia Menuju Klimaks yang Menakutkan!
Pabrik kimia Azot di Severodonetsk mengalami penembakan yang nyaris tanpa henti dari pasukan Rusia dalam pertempuran sengit di Ukraina timur. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Pertempuran pasukan Ukraina dengan Rusia untuk dua kota utama di Ukraina timur sedang menuju klimaks yang menakutkan.

Hal itu disampaikan penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Oleksiy Arestovych, ketika invasi memasuki bulan keempat pada Jumat (24/6/2022).

Upaya Rusia untuk merebut Severodonetsk dan Lysychansk—dua kota tersisa di bawah kendali Ukraina di Luhansk—telah berubah menjadi perang gesekan berdarah, dengan kedua belah pihak menimbulkan banyak korban.



Moskow, selama dua minggu terakhir, telah berhasil membuat keuntungan yang stabil.

“Pertempuran memasuki semacam klimaks yang menakutkan," kata Arestovych, seperti dikutip The Guardian.

Serhiy Haidai, gubernur wilayah Luhansk, salah satu dari dua wilayah di Donbas timur, mengatakan pada Kamis pagi bahwa pasukan Rusia telah berhasil dalam kemajuan mereka.

Dia menambahkan bahwa pasukan musuh telah merebut Loskutivka, sebuah pemukiman di selatan Lysychansk, yang mengancam akan mengisolasi pasukan Ukraina.

“Untuk menghindari pengepungan, komando kami dapat memerintahkan agar pasukan mundur ke posisi baru,” kata Haidai dalam sebuah posting di Telegram.

Kantor berita negara Rusia, TASS, mengutip separatis Ukraina pro-Moskow, melaporkan bahwa Lysychansk dikepung dan terputus dari pasokan militer Kiev setelah Rusia merebut jalan yang menghubungkan kota ke wilayah yang dikuasai Ukraina.

Sementara itu, Rusia kini diyakini menguasai seluruh Severodonetsk kecuali pabrik kimia Azot, tempat ratusan warga sipil dan pasukan Ukraina terperangkap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)