Korban Tewas Gempa Bumi Afghanistan Meningkat Tajam, Capai 920 Jiwa

Rabu, 22 Juni 2022 - 18:23 WIB
loading...
Korban Tewas Gempa Bumi Afghanistan Meningkat Tajam, Capai 920 Jiwa
Korban tewas gempa bumi Afghanisyan meningkat tajam, capai 920 jiwa. Foto/The Guardian
A A A
KABUL - Korban tewas akibat gempa bumi berkekuatan 6,1 skala Richter di Afghanistan meningkat tajam menjadi 920 jiwa. Hal itu diungkapkan Wakil Menteri untuk Manajemen Bencana Afghanistan, Rabu (22/6/2022).

"Sejauh ini informasi yang kami miliki adalah bahwa setidaknya 920 orang tewas dan 600 terluka," kata Sharafuddin Muslim dalam konferensi pers seperti dilansir dari Channel News Asia.

Sebagian besar jumlah tewas yang dikonfirmasi berada di provinsi Paktika, Afghanistan timur, di mana 255 orang tewas dan lebih dari 200 terluka, kata pejabat kementerian dalam negeri Salahuddin Ayubi.

Ia juga mengatakan di provinsi Khost, 25 orang tewas dan 90 dibawa ke rumah sakit.

"Jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat karena beberapa desa berada di daerah terpencil di pegunungan dan akan membutuhkan waktu untuk mengumpulkan rinciannya," ujarnya.

"Pihak berwenang telah meluncurkan operasi penyelamatan dan helikopter digunakan untuk menjangkau yang terluka dan mengambil pasokan medis dan makanan," tambahnya.



Survei Geologi Amerika Serikat (USGC) mengatakan gempa itu terjadi sekitar 44 km dari kota Khost, dekat perbatasan Pakistan.

"Goncangan kuat dan panjang," seorang penduduk ibukota Afghanistan, Kabul, memposting di situs European Mediterranean Seismological Center (EMSC).

"(Gempa) itu kuat," kata seorang penduduk kota Peshawar, Pakistan barat laut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)