Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia Tertangkap, Kalahkan Rekor Lele Raksasa 293 Kg

Selasa, 21 Juni 2022 - 22:38 WIB
loading...
Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia Tertangkap, Kalahkan Rekor Lele Raksasa 293 Kg
Ikan air tawar terbesar di dunia tertangkap di sebuah sungai di Kamboja. Beratnya mencapai 300 kg, mengalahkan rekor lele raksasa di Thailand yang beratnya 293 kg. Foto/REUTERS
A A A
KOH PREAH - Penduduk desa di Sungai Mekong, Kamboja , telah menangkap apa yang peneliti sebut sebagai ikan air tawar terbesar di dunia yang pernah tercatat. Ia adalah ikan pari yang beratnya 300kg (661 lb).

Ikan raksasa itu diangkut sekitar selusin orang ke pantai.

Christened Boramy—yang berarti "bulan purnama" dalam bahasa Khmer karena bentuknya yang bulat—betina sepanjang empat meter (13 kaki) tersebut dilepaskan kembali ke sungai setelah diberi tanda elektronik untuk memungkinkan para ilmuwan memantau gerakan dan perilakunya.

"Ini adalah berita yang sangat menarik karena itu adalah ikan terbesar di dunia," kata ahli biologi Zeb Hogan, mantan pembawa acara "Monster Fish" di National Geographic Channel dan sekarang menjadi bagian dari proyek konservasi di sungai.



"Ini juga berita yang menggembirakan karena berarti bentangan Sungai Mekong ini masih sehat....Ini adalah tanda harapan bahwa ikan besar ini masih hidup (di sini)," ujarnya, seperti dikutip Reuters, Selasa (21/6/2022).

Boramy, yang terjaring minggu lalu di Koh Preah, sebuah pulau di sepanjang bentangan sungai Kamboja utara, mengambil rekor dari ikan lele raksasa seberat 293 kg yang ditangkap di hulu di Thailand utara pada 2005.

Sungai Mekong memiliki populasi ikan paling beragam ketiga di dunia, menurut River Commission-nya, meskipun penangkapan ikan yang berlebihan, polusi, intrusi air asin, dan penipisan sedimen telah menyebabkan stok ikan merosot.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2028 seconds (0.1#10.140)