Tegang! Bertemu Kapal Cepat Iran, Kapal Perang AS Tembakkan Suar

Selasa, 21 Juni 2022 - 22:18 WIB
loading...
Tegang! Bertemu Kapal Cepat Iran, Kapal Perang AS Tembakkan Suar
Kapal perang AS terlibat ketegangan saat bertemu dengan kapal cepat Iran di Selat Hormuz. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengatakan pada hari Selasa (21/6/2022) bahwa pasukannya mengalami pertemuan yang menegangkan dengan paramiliter Garda Revolusi Iran , IRGC ,di Selat Hormuz yang strategis.

Armada ke-5 Angkatan Laut AS yang berbasis di Timur Tengah mengatakan tiga kapal pengawal mengalami pertemuan tidak aman dan tidak profesional ketika USS Sirocco dan USNS Choctaw County transit melalui selat, mulut sempit Teluk Arab, pada Senin kemarin.

Angkatan Laut AS mengatakan salah satu dari tiga kapal cepat Garda Revolusi Iran berpacu langsung di Sirocco sebelum mengubah arah. Angkatan Laut AS mengatakan Sirocco juga menembakkan suar peringatan selama pertemuan itu.

Sebuah video pendek yang dirilis oleh Angkatan Laut AS menunjukkan pertemuan itu seperti dilansir dari Al Arabiya.



Iran tidak segera mengakui insiden di selat itu, yang dilalui seperlima dari semua perdagangan minyak dunia.

Insiden itu terjadi ketika ketegangan tetap tinggi di kawasan Timur Tengah seiring ketidakjelasan nasib perjanjian nuklir Iran dengan kekuatan dunia karena negosiasi atas kesepakatan itu terhenti.

Sementara itu, program atom Teheran memperkaya uranium pada tingkat yang paling dekat dengan tingkat senjata terus berjalan.

Pembicaraan tidak langsung antara Teheran dan Washington untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 telah terhenti sejak Maret dan Teheran telah membatasi kemampuan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) untuk memantau program nuklir Iran setelah perselisihan dengan pengawas PBB.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)