Korea Utara Kerahkan Tim Medis untuk Perangi Epidemi Usus

Minggu, 19 Juni 2022 - 18:00 WIB
loading...
Korea Utara Kerahkan Tim Medis untuk Perangi Epidemi Usus
Korea Utara Kerahkan Tim Medis untuk Perangi Epidemi Usus. FOTO/KCNA
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) telah mengirim kru medis dan penyelidik epidemiologis ke sebuah provinsi guna memerangi wabah penyakit usus , media pemerintah melaporkan pada Minggu (19/6/2022).

Setidaknya 800 keluarga yang menderita apa yang disebut Korut sebagai "epidemi enterik akut" telah menerima bantuan di Provinsi Hwanghae Selatan sejauh ini. Enterik mengacu pada saluran pencernaan dan pejabat Korea Selatan mengatakan itu mungkin kolera atau tipus.



Wabah baru yang pertama kali dilaporkan pada hari Kamis (16/6/2022) itu semakin membebani negara yang terisolasi tersebut. Sebelumnya Korut sudah berjuang memerangi kekurangan makanan kronis dan gelombang infeksi COVID-19.

Pada Minggu, kantor berita negara KCNA merinci upaya pencegahan, termasuk karantina, "penyaringan intensif untuk semua penduduk", dan perlakuan khusus serta pemantauan orang-orang yang rentan seperti anak-anak dan orang tua.

"Tim Diagnosis dan Perawatan Cepat nasional bekerja dengan pejabat kesehatan setempat, dan langkah-langkah diambil untuk memastikan bahwa pertanian tidak terganggu di area pertanian utama,” sebut laporan KCNA.

“Pekerjaan desinfeksi sedang dilakukan, termasuk limbah dan limbah lainnya, untuk memastikan keamanan air minum dan air rumah tangga,” lanjut laporan tersebut.



Pyongyang mengumumkan kasus virus corona pertamanya bulan lalu dan mengaktifkan "sistem pencegahan epidemi darurat maksimum", dengan pemimpin Kim Jong-un menempatkan dirinya di depan dan pusat tanggapan pemerintah.

Meski begitu, virus tersebut mengoyak populasi 25 juta yang tidak divaksinasi, dengan lebih dari 4,5 juta kasus "demam" dan 73 kematian hingga saat ini, menurut angka yang diterbitkan oleh media pemerintah.

Sebagai tanda kemungkinan keseriusan situasi, Kim Yo Jong, saudara perempuan Kim Jong-un yang berpengaruh, adalah salah satu dari sekelompok pejabat senior yang dilaporkan secara pribadi menyumbangkan obat-obatan untuk mencoba dan membantu.

“Obat itu akan dikirim ke lebih dari 800 keluarga yang menderita epidemi akut yang terjadi di beberapa daerah di Provinsi Hwanghae Selatan," sebut laporan KCNA.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)