Ratusan Keluarga di Korea Utara Terkena Penyakit Usus Misterius

Jum'at, 17 Juni 2022 - 13:18 WIB
loading...
Ratusan Keluarga di Korea Utara Terkena Penyakit Usus Misterius
Ratusan Keluarga di Korea Utara Terkena Penyakit Usus Misterius. FOTO/Reuters
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) menyatakan pada Jumat (17/6/2022), ratusan keluarga telah jatuh sakit dengan penyakit usus yang tidak teridentifikasi. Kondisi ini menambah tekanan pada sistem perawatan kesehatan yang telah hancur akibat COVID-19 .

Pyongyang mengumumkan kasus virus corona pertamanya bulan lalu dan mengaktifkan "sistem pencegahan epidemi darurat maksimum", dengan pemimpin Kim Jong-un menempatkan dirinya di depan dan pusat tanggapan pemerintah.



Meski begitu, virus tersebut mengoyak populasi 25 juta yang tidak divaksinasi, dengan lebih dari 4,5 juta kasus "demam" dan 73 kematian hingga saat ini, menurut angka yang diterbitkan oleh media pemerintah.

Pekan ini, KCNA mengumumkan "epidemi enterik akut" baru di provinsi Hwanghae Selatan, dengan Jong-un mendesak para pejabat untuk "mengatasi epidemi secepat mungkin".

Sebagai tanda kemungkinan keseriusan situasi, Kim Yo Jong, saudara perempuan Kim Jong-un yang berpengaruh, adalah salah satu dari sekelompok pejabat senior yang dilaporkan secara pribadi menyumbangkan obat-obatan untuk mencoba dan membantu.

“Obat itu akan dikirim ke lebih dari 800 keluarga yang menderita epidemi akut yang terjadi di beberapa daerah di Provinsi Hwanghae Selatan," sebut laporan KCNA.



Angka tersebut menunjukkan setidaknya 1.600 orang telah terinfeksi penyakit enterik. Laporan tersebut telah memicu spekulasi bahwa penyakit yang tidak ditentukan, mungkin kolera atau tipus.

Jika dikonfirmasi, wabah itu dapat memperburuk kekurangan pangan kronis negara itu, karena provinsi Hwanghae Selatan adalah salah satu daerah pertanian utama di Utara. Para ahli telah memperingatkan keadaan darurat kesehatan masyarakat utama di Utara, yang memiliki salah satu sistem perawatan medis terburuk di dunia, jika COVID-19 menyebar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2367 seconds (0.1#10.140)