Ukraina Tuding Rusia Incar Wilayah dari Warsawa hingga Sofia

Rabu, 15 Juni 2022 - 21:30 WIB
loading...
Ukraina Tuding Rusia Incar Wilayah dari Warsawa hingga Sofia
Ukraina Tuding Rusia Incar Wilayah dari Warsawa hingga Sofia. FOTO/Reuters
A A A
PRAHA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak Uni Eropa (UE) pada Rabu (15/6/2022) untuk membiarkan negaranya memulai jalan menuju keanggotaan blok tersebut. Ia juga memperingatkan bahwa ambisi teritorial Rusia membentang dari Warsawa ke Sofia.

Dalam pidatonya di kedua kamar parlemen Ceko melalui tautan video, Zelensky menyerukan lebih banyak sanksi UE terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina pada 24 Februari.



"Rusia tidak hanya tertarik pada (kota) Mariupol, Sievierodonetsk, Kharkiv dan Kiev kami. Tidak, ambisinya diarahkan pada wilayah yang luas dari Warsawa hingga Sofia," katanya, tanpa mengutip bukti untuk pernyataannya.

"Seperti di masa lalu, invasi Rusia ke Ukraina adalah langkah pertama yang dibutuhkan oleh kepemimpinan Rusia untuk membuka jalan ke negara lain, untuk penaklukan bangsa lain," lanjut Zelensky, seperti dikutip dari Reuters.

Uni Eropa telah mengadopsi enam putaran sanksi terhadap Rusia, dan Ukraina mencari putaran ketujuh untuk meningkatkan tekanan pada Rusia untuk mengakhiri perang.



Komisi Eropa diperkirakan akan mengumumkan keputusan tentang permintaan Ukraina untuk status kandidat minggu ini, menjelang KTT Uni Eropa minggu depan. Memiliki status kandidat akan menjadi langkah awal dalam proses panjang untuk aksesi.

"Memberikan status kandidat Ukraina sekarang adalah untuk membuktikan bahwa penyatuan Eropa adalah nyata dan bahwa nilai-nilai Eropa benar-benar berfungsi dan tidak hanya ditunjukkan dalam dokumen tertentu," kata Zelensky.

Dia mengatakan, orang-orang Ceko - setelah pendudukan Nazi Jerman selama Perang Dunia Kedua dan dekade dominasi Soviet setelah perang - tahu bagaimana kompromi berakhir dan apa yang datang dari konsesi terhadap tirani.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)