Dorong Minat Baca, Dubai Buka Mega Perpustakaan Senilai Rp40 Miliar

Selasa, 14 Juni 2022 - 21:37 WIB
loading...
Dorong Minat Baca, Dubai Buka Mega Perpustakaan Senilai Rp40 Miliar
Penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum meluncurkan mega perpustakaan untuk mendorong minat baca. Foto/WAM
A A A
DUBAI - Penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum meluncurkan mega perpustakaan baru yang berbentuk seperti rak buku dengan biaya USD2,72 juta (Rp40 miliar).

“Perpustakaan Mohammed bin Rashid tujuh lantai yang baru itu bertujuan menjadi suar budaya baru di wilayah tersebut sambil memupuk budaya membaca,” ungkap laporan kantor berita negara WAM.

Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum mengunjungi perpustakaan pada Senin (13/6/2022) dan berkata, “Hari ini kami meluncurkan bangunan budaya dan intelektual untuk generasi baru kami, di mana kami bertujuan mempromosikan membaca, menyebarkan pengetahuan dan mendukung peneliti dan ilmuwan. Tujuan kami adalah untuk menerangi pikiran manusia.”



“Ekonomi membutuhkan pengetahuan, politik membutuhkan kebijaksanaan, bangsa perlu belajar, dan semua itu dapat ditemukan dalam buku. Melalui perpustakaan ini, kami telah mengumpulkan jutaan buku untuk mengembangkan jalan kita, mengkonsolidasikan identitas, budaya dan akar kita, dan menciptakan masa depan kita,” ujar dia.



Perpustakaan Mohammed bin Rashid menampilkan lebih dari 1,1 juta buku cetak dan digital dalam bahasa Arab dan bahasa asing, lebih dari enam juta disertasi, sekitar 73.000 skor musik, 75.000 video, sekitar 13.000 artikel, dan lebih dari 5.000 jurnal cetak dan digital sejarah dalam arsip yang meliputi 325 tahun, bersama dengan sekitar 35.000 surat kabar cetak dan digital dari seluruh dunia, dan hampir 500 koleksi langka.



Perpustakaan akan resmi dibuka untuk umum pada Kamis, 16 Juni 2022.

“Perpustakaan Mohammed bin Rashid adalah salah satu perpustakaan umum paling unik di kawasan ini dan di seluruh dunia,” ungkap Ketua Dewan Direksi di Yayasan Perpustakaan Mohammed bin Rashid Al Maktoum Mohammed Al Murr.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)