Bolton Ungkap Bahan Nuklir Iran yang Dicuri Mossad Israel

Selasa, 23 Juni 2020 - 20:17 WIB
loading...
A A A
Bolton yang menjajarkan bahwa "Israel tahu pasti seperti halnya IAEA" menjelaskan bahwa dia juga tahu dan mengungkapkannya secara tidak langsung sehingga tidak menyinggung sensor AS. (Baca: John Bolton: Trump Siap Dukung Israel Bombardir Iran )

Komentar Bolton bahwa uranium Iran yang dicuri Mossad kemungkinan adalah yellowcake olahan manusia menempatkan Iran pada posisi yang sangat sulit untuk menjelaskan mengapa mereka menyembunyikan material ini, bahkan jika itu belum diperkaya.

Hal itu juga mendukung kritik bahwa Teheran menolak untuk menjelaskan masalah ini dan menolak akses IAEA terhadap dua situs nuklir lainnya karena jika memberikan akses, niat militernya untuk program nuklir akan semakin terungkap.

Ironisnya, seperti yang dicatat Bolton, Iran memiliki beberapa bulan untuk membersihkan situs Turquzabad dari jejak nuklir sebelum IAEA datang berkunjung.

Israel bahkan mengkritik IAEA pada saat itu karena bergerak terlalu lambat untuk mengunjungi Turquzabad, sehingga Israel mengatakan badan itu berharap Iran akan menghapus semua jejak bahan nuklir untuk menghindari perlunya konfrontasi.

Terlepas dari berlalunya waktu, IAEA masih menemukan sisa-sisa bahan nuklir dalam sampel tanah yang diperlukan ketika mengunjungi Turquzabad, yang, bersama dengan dua situs nuklir Iran yang ingin diakses, mengarah ke pemungutan suara pada hari Jumat menuntut perbaikan dari kurangnya kerja sama Republik Islam Iran.

Operasi Mossad 2018 pertama kali mengungkapkan situs Shirobad tempat Iran menyimpan arsip nuklirnya, kemudian mengungkapkan situs Turquzabad dan pada 2019 mengungkapkan situs nuklir Abadeh.

Sumber yang dekat dengan Direktur Mossad Yossi Cohen sebelumnya mengatakan kepada The Jerusalem Post bahwa selain operasi 2018 membuktikan Iran berbohong ketika mengatakan tidak mencari senjata nuklir, dan bahwa operasi itu juga memberi Israel peta situs nuklir lain Iran yang tidak diumumkan. (Baca juga: Adang Tank Israel di Lebanon, Prajurit TNI Dapat Kenaikan Pangkat )
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)