Washington Post: China diam-diam Bangun Pangkalan di Kamboja

Selasa, 07 Juni 2022 - 22:08 WIB
loading...
A A A
"Kesepakatan untuk membangun struktur baru di pangkalan itu diselesaikan pada tahun 2020, yang kemungkinan di masa depan militer China memiliki penggunaan eksklusif bagian utara pangkalan, sementara kehadiran mereka akan tetap disembunyikan,” kata seorang pejabat kedua kepada surat kabar yang berbasis di Amerika Serikat (AS) itu.

Sumber tersebut mengklaim untuk menjaga kerahasiaan, delegasi asing yang mengunjungi Pangkalan Angkatan Laut Ream hanya diizinkan mengakses sejumlah lokasi tertentu di dalam kompleks, sementara pasukan China di sana mengenakan seragam Kamboja atau pakaian sipil untuk menghindari kecurigaan.

“Apa yang telah kami lihat dari waktu ke waktu adalah pola yang sangat jelas dan konsisten dalam mencoba mengaburkan dan menyembunyikan tujuan akhir serta tingkat keterlibatan militer China,” kata pejabat itu.

“Kuncinya di sini adalah penggunaan fasilitas eksklusif (Tentara Pembebasan Rakyat China) dan memiliki pangkalan militer sepihak di negara lain,” imbuhnya.



Pejabat itu mengatakan Beijing dan Phnom Penh telah berusaha untuk merahasiakan proyek itu karena kekhawatiran tentang reaksi balik di Kamboja karena konstitusi negara Asia Tenggara itu melarang menjadi tuan rumah pangkalan militer negara lain.

"Sebagai ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tahun ini, Phnom Penh juga tidak ingin dilihat sebagai 'pion' orang China," tambahnya.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)