Washington Post: China diam-diam Bangun Pangkalan di Kamboja

Selasa, 07 Juni 2022 - 22:08 WIB
loading...
Washington Post: China diam-diam Bangun Pangkalan di Kamboja
Washington Post melaporkan China diam-diam membangun pangkalan di Kamboja. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - China sedang membangun pangkalan angkatan laut untuk militernya di Kamboja , dengan Beijing dan Phnom Penh berusaha keras untuk menyembunyikan operasi tersebut. Demikian laporan Washington Post mengutip pejabat Barat.

Seorang pejabat Barat, berbicara dengan syarat anonimitas, mengklaim fasilitas itu, yang menempati sebagian Pangkalan Angkatan Laut Ream Kamboja di Teluk Thailand, akan menjadi satu-satunya pos militer kedua China di luar negeri setelah pembukaan pangkalan di negara Djibouti di Afrika Timur pada tahun 2017.

Pangkalan tersebut dilaporkan terletak di sebelah barat Laut Cina Selatan, di mana Beijing memiliki klaim teritorial yang tumpang tindih dengan beberapa negara.

"Ini akan mampu menampung kapal angkatan laut besar," menurut sumber itu seperti dikutip Russia Today dari Washington Post, Selasa (7/6/2022).



Seorang pejabat yang dikutip Washington Post mengatakan kepemimpinan di Beijing melihat Indo-Pasifik sebagai wilayah pengaruh yang sah dan bersejarah bagi China.

“Mereka memandang kebangkitan China di sana sebagai bagian dari tren global menuju dunia multipolar di mana kekuatan-kekuatan besar dengan lebih kuat menegaskan kepentingan mereka dalam lingkup pengaruh yang mereka rasakan,” katanya.

“Pada dasarnya, China ingin menjadi begitu kuat sehingga kawasan itu akan menyerah pada kepemimpinan China daripada menghadapi konsekuensinya,” tambah sumber itu.

The Washington Post menulis bahwa upacara peletakan batu pertama di Pangkalan Angkatan Laut Ream akan berlangsung pada hari Kamis, dengan sumber itu mengklaim bahwa Beijing akan mengkonfirmasi keterlibatannya dalam perluasan fasilitas Kamboja selama acara tersebut, tetapi akan tetap bungkam tentang rencana untuk digunakan oleh militer China.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)