Korban Tewas Protes Anti Kudeta di Sudan Capai 100 Orang

Selasa, 07 Juni 2022 - 16:08 WIB
loading...
Korban Tewas Protes Anti Kudeta di Sudan Capai 100 Orang
Sudah 100 demonstran tewas dalam aksi protes anti kudeta di Sudan. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
KHARTOUM - Petugas medis mengatakan seorang pengunjuk rasa ditembak dan dibunuh di kota Omdurman, Sudan , oleh pasukan keamanan pada Senin kemarin. Ini menjadikan demonstran yang tewas dalamaksi protesanti kudeta sejak Oktober lalu menjadi 100 orang.

Komite Pusat Dokter Sudan mengatakan demonstran, kematian kedua setelah pencabutan keadaan darurat pada 29 Mei, kemungkinan besar dibunuh dengan tembakan seperti dikutip dari US News, Selasa (7/6/2022).

Demonstrasi terus berlanjut di Sudan sejak kudeta militer pada Oktober, yang dilakukan oleh komite perlawanan lingkungan. Sebagian besar dari mereka yang tewas dalam protes adalah pria muda. Para pemimpin militer telah menjanjikan penyelidikan atas kematian tersebut.

Baca juga: Pasukan Keamanan Sudan Gunakan Peluru Tajam, 3 Demonstran Tewas Ditembak

Protes berkobar di Omdurman pada hari Senin sebagai tanggapan atas kunjungan pemimpin militer Jenderal Abdel Fattah al-Burhan.

Negara itu tidak memiliki perdana menteri sejak Januari dan proses PBB serta Uni Afrika untuk mencapai kesepakatan politik mengumumkan pembicaraan langsung antara kelompok-kelompok politik minggu ini.

Namun, mantan koalisi sipil yang berkuasa, Pasukan Kebebasan dan Perubahan, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak akan berpartisipasi dalam pembicaraan itu karena pembicaraan itu termasuk pihak-pihak yang dikatakan mendukung kudeta. Komite perlawanan menolak negosiasi apapun dengan militer.

Baca juga: AS Desak Tetap Terbentuknya Pemerintahan Sipil di Sudan

Pencabutan status darurat yang diberlakukan sejak kudeta oleh Burhan digambarkan sebagai langkah membangun kepercayaan. Namun, satu pengunjuk rasa ditembak dan dibunuh pada hari Jumat, kurang dari seminggu kemudian.

(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1753 seconds (10.177#12.26)