Lavrov: Barat Tak Izinkan Ukraina Lakukan Negosiasi dengan Rusia

Minggu, 05 Juni 2022 - 17:50 WIB
loading...
Lavrov: Barat Tak Izinkan Ukraina Lakukan Negosiasi dengan Rusia
Lavrov: Barat Tak Izinkan Ukraina Lakukan Negosiasi dengan Rusia. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan pada Sabtu (4/6/2022), bahwa Barat tidak mengizinkan Ukraina untuk melakukan pembicaraan dengan Rusia. Sebelumnya, Rusia-Ukraina telah melakukan beberapa tahapan negosiasi.

Lavrov menuduh Barat, yang dipimpin oleh Inggris dan AS, mengubah Ukraina menjadi instrumen untuk menahan dan melelahkan Rusia.



Dia mengatakan dalam sebuah wawancara dengan penyiar publik Republika Srpska, RTRS, bahwa Barat melarang Ukraina untuk melanjutkan negosiasi dengan Rusia, yang telah menerima proposal Ukraina dua bulan lalu sebagai dasar untuk mengembangkan resolusi.

“Mereka memaksa Ukraina untuk memperketat sikapnya terhadap Rusia,” kata Lavrov, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Mengacu pada sanksi ekonomi di negaranya, Lavrov berpendapat bahwa hukuman itu menjadi bumerang dan lebih merugikan Barat daripada Rusia.



"Rusia kemudian beralih ke kekuatannya sendiri dan mitra yang dapat diandalkan," kata Lavrov. Ia menambahkan bahwa negaranya, sebelumnya mengimpor sejumlah besar produk pertanian yang telah mengubahnya menjadi negara pertanian terbesar di dunia.

Khususnya, pada paket sanksi keenam yang diadopsi Jumat oleh Uni Eropa dan pembatasan transportasi minyak Rusia melalui laut, Lavrov mengatakan, pasar minyak tidak mengikuti keinginan dan perintah politik.



Menurut perkiraan PBB, setidaknya 4.113 warga sipil telah tewas dan 4.916 terluka di Ukraina sejak perang dimulai dengan Rusia, dengan jumlah korban sebenarnya diyakini jauh lebih tinggi.

Lebih dari 6,8 juta orang telah melarikan diri ke negara lain, sementara lebih dari 7,7 juta telah mengungsi, menurut badan pengungsi PBB.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)