Ledakan Guncang Kiev, Pertempuran Terus Berkecamuk di Timur

Minggu, 05 Juni 2022 - 15:10 WIB
loading...
Ledakan Guncang Kiev, Pertempuran Terus Berkecamuk di Timur
Ledakan Guncang Kiev, Pertempuran Terus Berkecamuk di Timur. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Kiev diguncang oleh beberapa ledakan pada Minggu (5/6/2022) pagi. Hal itu diungkapkan Wali Kota Kiev, Vitali Klitschko , yang juga mantan juara tinju kelas berat dunia.

"Beberapa ledakan di distrik Darnytskyi dan Dniprovskyi di ibukota," tulis Klitschko di aplikasi pesan Telegram. "Layanan sudah bekerja di lokasi," lanjutnya.



Seorang saksi mata Reuters melihat asap di kota setelah ledakan. “Setidaknya satu orang dirawat di rumah sakit, tetapi tidak ada kematian yang dilaporkan pada Minggu pagi,” kata Klitschko.

Pejabat lain mengatakan pemboman Rusia tampaknya menargetkan jaringan kereta api. Meskipun serangan Rusia terus berlanjut di Ukraina dan kehancuran yang meluas, Kiev relatif tenang dalam beberapa pekan terakhir, setelah Moskow mengalihkan fokus militernya ke timur dan selatan, terutama pertempuran sengit untuk Sievierodonetsk.

Gelombang ledakan menghantam Kiev satu hari setelah para pejabat mengatakan pasukannya telah merebut kembali petak kota di medan perang timur Sievierodonetsk dalam serangan balasan terhadap Rusia.



Rusia telah memusatkan pasukannya di kota pabrik untuk salah satu pertempuran darat terbesar dalam perang itu. Moskow tampaknya mempertaruhkan kampanyenya untuk merebut salah satu dari dua provinsi timur yang diklaimnya atas nama proksi separatis.

Serhiy Gaidai, gubernur wilayah Luhansk yang mencakup Sievierodonetsk, mengatakan pada hari Minggu, pasukan Ukraina menguasai sekitar setengah kota, setelah merebut kembali sebagian besar dari pasukan Rusia.

"Itu adalah situasi yang sulit, Rusia menguasai 70 persen kota. Tetapi selama dua hari terakhir mereka telah didorong mundur," kata Gaidai di televisi Ukraina. "Kota ini sekarang, kurang lebih, terbagi dua," lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)