Anggap Indonesia Mitra Penting, PM Australia Bakal Sambangi Jakarta

Minggu, 05 Juni 2022 - 13:31 WIB
loading...
Anggap Indonesia Mitra Penting, PM Australia Bakal Sambangi Jakarta
PM Australia Anthony Albanese akan menyambangi Indonesia untuk Rapat Pimpinan Tahunan. Foto/PV-Magazine
A A A
JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese dijadwalakan akan berkunjung ke Indonesia untuk melakukan Pertemuan Pemimipin Tahunan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta.

Dalam Rapat Pimpinan Tahunan, Alabenese dan Jokowi akan membahas perdagangan dan investasi bilateral, kerja sama di bidang iklim dan energi, serta kepentingan regional dan global.

Hal yang penting dalam kunjungan ini adalah keinginan kedua belah pihak untuk membuka potensi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia, termasuk untuk meneruskan dana infrastruktur dan iklim yang diusulkan Pemerintah sebesar 200 juta dollar Australia atau sekitar Rp2 triliun dengan Indonesia.

Di Jakarta, PM Australia juga akan bertemu dengan Sekretaris-Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi untuk membahas komitmen Pemerintah terhadap Asia Tenggara dan sentralitas ASEAN.

“Indonesia adalah salah satu tetangga terdekat kami, itulah sebabnya saya berkomitmen untuk berkunjung secepatnya,” kata Alabenese dalam keterangan tertulis Kedubes Australia, Minggu (5/6/2022).



“Kedua negara kita memiliki sejarah panjang kerja sama dan persahabatan, dan Pemerintahan saya akan bekerja sama dengan Indonesia untuk memperdalam hal ini,” sambungnya.

“Kami bermitra erat dalam isu-isu perdagangan, pembangunan, pendidikan, dan keamanan wilayah,” ia menambahkan.

“Selama kunjungan ini, saya berharap dapat membangun hubungan kita lebih jauh, termasuk merevitalisasi hubungan perdagangan kita dan mempromosikan kerjasama di bidang iklim, infrastruktur dan energi,” ucapnya.

Dalam kunjungannya, PM Australia akan didampingi oleh Menteri Luar Negeri Senator Penny Wong, Menteri Perdagangan Senator Don Farrell, Menteri Perindustrian Ed Husic, dan Anggota Solomon Luke Gosling OAM. Delegasi tingkat tinggi pemimpin bisnis Australia akan turut bergabung dalam kunjungan ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)