Inilah Momen-momen Besar dari 100 Hari Perang Rusia-Ukraina

Jum'at, 03 Juni 2022 - 23:13 WIB
loading...
A A A
2 Maret, Rusia Gempur Mariupol

Rusia memulai serangan di pelabuhan tenggara Mariupol, kota pelabuhan strategis di Laut Azov yang membentuk bagian dari koridor darat dari wilayah Donbas timur, yang berbatasan dengan Rusia, ke Crimea, yang dicaplok Kremlin dari Ukraina pada tahun 2014. Versi Moskow bukan pencaplokan, tapi kehendak rakyat Crimea untuk bergabung dengan Rusia melalui referendum.

Pasukan Putin merebut Kherson, kota pelabuhan Laut Hitam di Ukraina selatan. Ini menjadi kota besar pertama yang diambil oleh pasukan Putin karena Rusia terus menyerang lebih banyak sasaran sipil.

Ratusan pengunjuk rasa Ukraina turun ke jalan meneriakkan, mengibarkan bendera Ukraina, dan memegang poster, saat pasukan Rusia berdiri.

4 Maret, Rusia Rebut Pembangkit Nuklir Terbesar

Pasukan Rusia merebut pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia—pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa dan di antara 10 terbesar di dunia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa tidak ada negara selain Rusia yang pernah menembaki unit tenaga nuklir. "Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah kami, negara teroris sekarang menggunakan teror nuklir," katanya.

8 dan 9 Maret, Warga Sipil Melarikan Diri dan RS Dibom

Orang-orang Ukraina melarikan diri dari kota timur laut Sumy di sepanjang koridor kemanusiaan.

Ukraina menuduh pasukan Putin menembaki dan mengebom rumah sakit bersalin di Mariupol, menyebabkan banyak korban. Zelensky menyebut pengeboman itu sebagai "kekejaman".

"Orang-orang, anak-anak berada di bawah reruntuhan. Kekejaman!" tweet Zelensky saat itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)