Negara Afrika Ini Umumkan Darurat Pangan, Desak Bantuan Internasional

Jum'at, 03 Juni 2022 - 10:23 WIB
loading...
Negara Afrika Ini Umumkan Darurat Pangan, Desak Bantuan Internasional
Chad umumkan darurat pangan, desak bantuan internasional. Foto/Ilustrasi
A A A
NDJAMENA - Chad pada hari Kamis mengumumkan "darurat pangan" di negara miskin yang terkurung daratan itu dan mendesak masyarakat internasional untuk membantu.

Permohonan bantuan datang sebelum pertemuan antara kepala Uni Afrika dan presiden Rusia untuk membahas pasokan biji-bijian setelah invasi Moskow ke Ukraina.

“Menyusul memburuknya situasi pangan dan gizi secara terus-menerus tahun ini dan dengan mempertimbangkan meningkatnya risiko terhadap populasi jika tidak ada bantuan kemanusiaan…diberikan, dekrit ini menyatakan darurat pangan,” bunyi dokumen yang ditandatangani oleh kepala junta militer yang memerintah negara itu.

“Pemerintah meminta semua aktor nasional dan mitra internasional untuk membantu masyarakat,” kata dekrit itu seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (3/6/2022).



PBB telah memperingatkan bahwa 5,5 juta orang di Chad – lebih dari sepertiga populasi – akan membutuhkan bantuan kemanusiaan tahun ini.

Program Pangan Dunia pada bulan Maret memperkirakan bahwa 2,1 juta orang Chad akan "sangat rawan pangan" selama musim paceklik yang dimulai pada bulan Juni.

Invasi Rusia ke Ukraina dan sanksi Barat terhadap Moskow telah mengganggu pengiriman gandum serta komoditas lainnya dari kedua negara, memicu kekhawatiran tentang risiko kelaparan di seluruh dunia.

Sekedar informasi, sekitar 30 persen pasokan gandum dunia berasal dari Ukraina dan Rusia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2209 seconds (0.1#10.140)