China Kecam Keras Pembicaraan Perdagangan Amerika-Taiwan

Jum'at, 03 Juni 2022 - 03:00 WIB
loading...
China Kecam Keras Pembicaraan Perdagangan Amerika-Taiwan
Ilustrasi
A A A
BEIJING - China pada Kamis (2/6/2022) menyatakan "dengan tegas menentang" pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan Taiwan . Kecaman ini datang setelah Taipei dan Washington mengumumkan peluncuran inisiatif baru untuk memperdalam hubungan ekonomi.

"China selalu menentang segala bentuk pertukaran resmi antara negara mana pun dan wilayah Taiwan di China, termasuk negosiasi dan penandatanganan perjanjian ekonomi dan perdagangan apa pun dengan konotasi kedaulatan dan sifat resmi," kata juru bicara Kementerian Perdagangan China, Gao Feng, seperti dikutip dari AFP.



Sikap serupa didengungkan Kementerian Luar Negeri China yang mendesak AS menghentikan semua bentuk interaksi resmi dengan Taiwan dan berhenti mengirim sinyal ke separatis, serta mendukung kemerdekaan pulau itu.

“Beijing selalu sangat menentang semua bentuk kontak resmi antara Taiwan dan negara-negara yang memelihara hubungan diplomatik dengan China," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, mengomentari laporan tentang konsultasi ekonomi yang akan datang antara AS dan Taiwan.

"AS harus sepenuhnya mematuhi prinsip Satu China dan tiga komunike bersama China-Amerika, menghentikan semua kontak resmi dengan Taiwan, berhenti membahas atau menandatangani perjanjian yang bersifat resmi dengan Taiwan," kata diplomat itu, seperti dikutip dari TASS.

Ia juga menuntut agar Washington berhenti mengirim sinyal untuk pasukan separatis, mendukung kemerdekaan Taiwan. “Upaya gigih AS untuk memainkan "kartu Taiwan" membahayakan hubungannya dengan China,” tambahnya.



Washington berlomba-lomba untuk meningkatkan pengaruhnya di kawasan itu untuk melawan Beijing dan Presiden AS Joe Biden mendapat tekanan bipartisan dari anggota parlemen AS untuk memperdalam hubungan dengan Taiwan.

Pembicaraan yang diumumkan pada hari Rabu - Inisiatif AS-Taiwan tentang Perdagangan Abad ke-21 - datang setelah kesepakatan perdagangan yang diumumkan minggu lalu antara Amerika Serikat dan 12 ekonomi Asia, yang mengecualikan Taiwan.

“Seperti perjanjian perdagangan sebelumnya, diskusi dengan Taiwan tidak akan melibatkan tarif atau akses pasar - item yang memerlukan persetujuan kongres,” kata pejabat AS.

Dalam sebuah pernyataan, Perwakilan Dagang AS mengatakan bahwa "kedua belah pihak akan bekerja dengan kecepatan untuk mengembangkan peta jalan yang ambisius untuk negosiasi untuk mencapai kesepakatan dengan komitmen standar tinggi dan hasil yang berarti secara ekonomi".



Sementara seorang juru bicara pemerintah Taiwan pada hari Rabu menekankan "peran penting" yang dimainkan pulau itu dalam jalur pasokan semikonduktor.

"Mengingat meningkatnya konflik perdagangan antara China dan AS, dan juga dampak dari pandemi COVID-19 terhadap ekonomi dunia, pemerintah AS telah menyadari bahwa perlu memperkuat jalin hubungan ekonomi dan politik dengan Taiwan untuk memastikan stabilitas dan keamanan rantai pasokan," tambah Lo Ping-cheng.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)