Inilah Kehebatan Artileri Roket HIMARS yang Dikirim AS ke Ukraina

Kamis, 02 Juni 2022 - 08:50 WIB
loading...
A A A
Dalam waktu dua pekan setelah AS secara sepihak meninggalkan Perjanjian INF, AS mulai menguji rudal yang melanggar parameter perjanjian, termasuk varian yang diluncurkan dari darat dari rudal jelajah Tomahawk yang mampu ditembakkan oleh sistem Aegis Ashore.

Dua sistem seperti itu telah dibangun pada tahun-tahun sebelumnya di Rumania dan Polandia, yang diprotes Moskow tetapi AS meyakinkan mereka hanya bisa menembakkan pencegat rudal defensif.

Menghapus situs-situs itu atau mengizinkan inspeksi Rusia untuk memverifikasi sifat murni defensif mereka adalah bagian dari negosiasi pada awal 2022 yang mendahului operasi militer khusus Rusia di Ukraina.

Menurut Rusia, sistem senjata itu mengancam akan melewati “garis merah” yang ditetapkan Kremlin untuk mempertahankan kepentingan keamanan di kawasan.

Garis merah lainnya adalah kemampuan Ukraina untuk berfungsi sebagai pangkalan NATO untuk menyerang tanah Rusia.

Perlu dicatat bahwa PrSM yang ditembakkan dari sistem HIMARS di kota Shotka, Ukraina timur laut, akan dapat menyerang Moskow, ibu kota Rusia.

Inilah sebabnya mengapa Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengecam AS yang memberikan sistem HIMARS ke Kiev sebagai wujud "provokasi langsung."

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)