Samoa Teken Perjanjian dengan China, Termasuk di Sektor Keamanan

Minggu, 29 Mei 2022 - 04:00 WIB
loading...
A A A
Dalam duel pengaruh, Menteri Luar Negeri Australia yang baru Penny Wong berada di Fiji pada hari Jumat, berusaha merayu negara-negara kepulauan setelah Kepulauan Solomon mengejutkan Canberra bulan lalu dengan menandatangani pakta keamanan yang luas dengan China.

"Kami telah menyatakan keprihatinan kami secara terbuka tentang perjanjian keamanan," kata Wong kepada wartawan di ibu kota Suva.



"Seperti halnya pulau-pulau Pasifik lainnya, kami pikir ada konsekuensinya. Kami pikir penting bahwa keamanan kawasan ditentukan oleh kawasan itu. Dan secara historis, itulah yang terjadi. Dan kami pikir itu adalah hal yang baik," lanjutnya.

Pada pemberhentian pertama di Honiara pada hari Kamis, Wang mengecam "kotoran dan serangan" terhadap pakta keamanan yang telah ditandatangani dengan Kepulauan Solomon.

Sementara rancangan perjanjian yang luas dan rencana lima tahun diedarkan ke beberapa negara pasifik, keduanya diperoleh oleh AFP, akan memberi China jejak keamanan yang lebih besar di kawasan yang dianggap penting bagi kepentingan Amerika Serikat dan sekutunya.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)