Samoa Teken Perjanjian dengan China, Termasuk di Sektor Keamanan

Minggu, 29 Mei 2022 - 04:00 WIB
loading...
Samoa Teken Perjanjian dengan China, Termasuk di Sektor Keamanan
Samoa Teken Perjanjian dengan China, Termasuk di Sektor Keamanan. FOTO/The Guardian
A A A
APIA - Samoa menandatangani perjanjian bilateral dengan China pada Sabtu (28/5/2022). Kesepakatan ini menjanjikan "kolaborasi yang lebih besar" ketika Menteri Luar Negeri Beijing melanjutkan tur ke Pasifik Selatan yang telah memicu kekhawatiran di antara sekutu Barat.

Rincian kesepakatan itu tidak jelas, tetapi rancangan perjanjian yang bocor sebelumnya yang dikirim ke beberapa negara Pasifik menguraikan rencana untuk memperluas keamanan dan keterlibatan ekonomi.



Misi tersebut telah mendorong para pemimpin Barat untuk mendesak rekan-rekan regional untuk menolak setiap upaya China untuk memperluas jangkauan keamanannya di seluruh wilayah.

Seperti dilaporkan AFP, siaran pers dari pemerintah Samoa mengkonfirmasi bahwa Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Perdana Menteri Samoa Fiame Naomi Mata'afa telah bertemu dan membahas "perubahan iklim, pandemi dan perdamaian dan keamanan".

Media lokal diundang untuk menyaksikan penandatanganan kesepakatan, tetapi tidak ada pertanyaan yang diajukan.

Rilis itu mengatakan bahwa China akan terus memberikan dukungan pembangunan infrastruktur ke berbagai sektor Samoa dan akan ada kerangka kerja baru untuk proyek-proyek masa depan "yang akan ditentukan dan disepakati bersama".



"Samoa dan Republik Rakyat China akan terus mengejar kolaborasi yang lebih besar yang akan mewujudkan kepentingan dan komitmen bersama," kata rilis tersebut.

Delegasi China telah mengunjungi Kepulauan Solomon dan Kiribati minggu ini. Kapal itu tiba di Samoa pada Jumat malam dan akan berangkat ke Fiji pada Sabtu sore, dengan perhentian lain diperkirakan adalah Tonga, Vanuatu, Papua Nugini, dan Timor Timur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)