Kissinger Ulang Tahun ke-99, Dianggap Musuh oleh Ukraina karena Sarannya

Sabtu, 28 Mei 2022 - 05:01 WIB
loading...
Kissinger Ulang Tahun ke-99, Dianggap Musuh oleh Ukraina karena Sarannya
Mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Henry Kissinger. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Henry Kissinger berulang tahun ke-99 pada Jumat (27/5/2022). Aktivis pro-Ukraina menandai kesempatan itu dengan menambahkan namanya ke website Mirotvorets (Pembuat Perdamaian).

Dicap sebagai "kaki tangan dalam kejahatan otoritas Rusia," Kissinger masuk daftar hitam setelah dia menyerukan perdamaian yang dinegosiasikan antara Kiev dan Moskow serta kembali ke status quo pra-Februari.

Dibuat pada 2014, Mirotvorets yang berandanya menampilkan mosaik grizzly dari tentara Rusia yang tewas, adalah basis data yang dapat ditelusuri secara publik dari apa yang disebutnya “teroris, separatis, tentara bayaran, penjahat perang, dan pembunuh pro-Rusia.”



Data itu berkisar dari anggota militer Rusia hingga politisi Barat seperti Viktor Orban dari Hungaria yang menentang sanksi Barat terhadap sektor minyak dan gas Rusia.



Kissinger dituduh Mirotvorets “menyebarkan narasi propaganda dan pemerasan fasis Rusia… dengan imbalan pemotongan wilayah Ukraina.”

Tuduhan ini menjadikannya “kaki tangan dalam kejahatan otoritas Rusia terhadap Ukraina dan warganya,” entrinya berlanjut.

Awal pekan ini, Kissinger mengatakan kepada peserta Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, bahwa kesepakatan damai harus dicapai antara Kiev dan Moskow dalam beberapa bulan mendatang, agar konflik di Ukraina tidak berubah menjadi perang global antara NATO dan Rusia.

Untuk melakukan ini, Kissinger mengatakan Ukraina setidaknya harus menerima kembali ke "status quo ante," atau melepaskan klaim teritorialnya ke Krimea dan memberikan otonomi kepada Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)