Disuruh Berikan Wilayahnya ke Rusia Oleh Kissinger, Legislator Ukraina Beri Jawaban Menohok

Rabu, 25 Mei 2022 - 20:27 WIB
loading...
Disuruh Berikan Wilayahnya ke Rusia Oleh Kissinger, Legislator Ukraina Beri Jawaban Menohok
Mantan Menteri Luar Negeri AS Henry Kissinger. Foto/Business Insider
A A A
KIEV - Seorang anggota parlemen Ukraina memberikan apa yang disebutnya sebagai jawaban yang "sopan" atas saran mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Henry Kissinger.

Dalam Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Kissinger menyarankan agar Ukraina menyerahkan beberapa wilayahnya kepada Rusia untuk mencapai kesepakatan damai.

"Saya pikir Tuan Kissinger masih hidup di abad ke-20 dan kita berada di abad ke-21 dan kita tidak akan melepaskan sejengkal pun dari wilayah kita," ujar Oleksiy Goncharenko, seorang anggota parlemen Ukraina.

"Itu akan menjadi sinyal terburuk bagi Putin," tambahnya.

"Kita harus menghentikan Putin sekarang dan tidak membiarkannya melangkah lebih jauh," tegas Goncharenko seperti dikutip dari CNBC, Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Henry Kissinger: Ukraina Harus Serahkan Wilayah ke Rusia untuk Capai Perdamaian



Ia kemudian menambahkan bahwa dia yakin cara terbaik untuk membangun perdamaian adalah membawa Ukraina ke dalam Uni Eropa secepat mungkin.

Mantan Menteri Luar Negeri AS dan Penasihat Keamanan Nasional Henry Kissinger menyebabkan kegemparan awal pekan ini ketika dia menyarankan agar Ukraina siap menyerahkan beberapa wilayah ke Rusia untuk mencapai kesepakatan damai dengan Moskow.

Berbicara di sebuah panel di Forum Ekonomi Dunia pada hari Senin, Kissinger mengatakan idealnya, garis pemisah harus kembali ke status quo ante, yang berarti kembali ke keadaan yang ada sebelum perang.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2042 seconds (11.210#12.26)