Negara Mitra NATO Non-Anggota, Nomor 2 Ingin Bergabung

Selasa, 24 Mei 2022 - 14:01 WIB
loading...
A A A
Merupakan salah satu bagian dari Uni Eropa, Finlandia terkenal dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

NATO dan Finlandia secara aktif bekerja sama dalam operasi dukungan perdamaian dan pertukaran analisis dan informasi.

Prioritas utama dalam kerja sama ini adalah memastikan kemampuan operasi Angkatan Bersenjata Finlandia untuk bekerja dengan NATO dan negara mitra lainnya guna mendukung perdamaian multinasional.

Kini Finlandia dan Swedia mengajukan keanggotaan NATO di tengah invasi Rusia di Ukraina. Upaya Finlandia dan Swedia itu ditentang Rusia.

3. Korea Selatan

NATO dan Korea Selatan bekerja sama untuk mengatasi tantangan keamanan seperti cyber defense, kontra-terorisme, hingga proyek ilmu sipil terkait keamanan, pertahanan biologi, kimia, radiologi nuklir, dan penanggulangan bencana.

Korea Selatan tertarik meningkatkan interoperabilitas melalui pertukaran personel sipil dan militer, berpartisipasi dalam pendidikan, pelatihan bersama, dan kerja sama di bidang standardisasi logistik.

4. Jepang

Jepang merupakan negara yang dikelilingi oleh laut dan memiliki kemajuan teknologi yang pesat. Untuk itu, kerja sama Jepang dengan NATO berkaitan dalam hal mengatasi tantangan keamanan bersama, yaitu mencakup bidang keamanan maritim, cyber defense, dan non-proliferasi.

Skuadron pelatihan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang telah dilatih dengan kapal-kapal NATO di lepas pantai Spanyol dan di Laut Baltik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0912 seconds (0.1#10.140)