Anggota NATO akan Kirim Rudal Anti-Kapal Harpoon ke Ukraina, Ini Kehebatannya

Selasa, 24 Mei 2022 - 07:30 WIB
loading...
Anggota NATO akan Kirim Rudal Anti-Kapal Harpoon ke Ukraina, Ini Kehebatannya
Rudal Harpoon diluncurkan dari truk. Foto/Taiwan MoD
A A A
COPENHAGEN - Denmark akan memberikan sejumlah rudal dan peluncur anti-kapal Harpoon ke Ukraina. Pernyataan itu diumumkan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin pada Senin (23/5/2022).

Desas-desus pekan lalu tentang transaksi itu mendorong Kiev menyatakan AS akan membantu Ukraina “menghancurkan” armada Rusia, yang dibantah juru bicara Pentagon yang akan lengser.

Secara resmi, rudal dimaksudkan untuk membantu "mempertahankan garis pantai Ukraina," menurut Austin dan Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley, yang berbicara dengan wartawan setelah pertemuan virtual Grup Kontak Pertahanan Ukraina pada Senin.



“Panel yang terdiri dari 47 negara yang bersedia memasok senjata ke Kiev mengadakan pertemuan sangat konstruktif dan mendapatkan pengertian yang lebih tajam tentang kebutuhan Ukraina dari Menteri Pertahanan Alexey Reznikov dan pejabat Kiev lainnya,” papar Austin.



Selain rudal Denmark, Czechia menjanjikan helikopter serang, tank, dan beberapa sistem peluncur roket (MLRS).



Kiev telah meminta artileri jarak jauh, tank dan kendaraan lapis baja, serta drone, menurut Austin.

Boeing A/U/RGM-84 Harpoon adalah rudal anti-kapal standar Angkatan Laut AS, dengan perkiraan jangkauan sekitar 300 kilometer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)