Anggota NATO akan Kirim Rudal Anti-Kapal Harpoon ke Ukraina, Ini Kehebatannya

Selasa, 24 Mei 2022 - 07:30 WIB
loading...
A A A
Rudal itu memiliki panduan radar aktif dan meluncur ke permukaan hingga mencapai target, di mana ia dapat melakukan manuver "pop-up" dan menyerang dari atas.

Harpoon biasanya diluncurkan dari kapal permukaan atau pesawat tempur, tetapi peluncur dapat dilepas dari kapal untuk digunakan di darat, yang tampaknya menjadi tujuan Denmark.

Pekan lalu, Reuters melaporkan Pentagon sedang mempertimbangkan untuk mengirim Ukraina Harpoon atau Naval Strike Missiles (NSM), secara langsung atau melalui "sekutu Eropa."

Reuters mengutip "tiga pejabat AS dan dua sumber kongres," semuanya anonim. Mereka menyatakan harapan begitu negara pertama berkomitmen mengirim Harpoon, negara lain akan mengikuti.

Menurut Reuters, NSM dianggap "tidak terlalu sulit secara logistik" karena negara-negara NATO dapat mengirim peluncur ke Ukraina dan hanya butuh 14 hari untuk melatih operator cara menggunakannya.

Meski demikian, NSM jaraknya agak lebih pendek yakni 250 kilometer.

Kabar tersebut menimbulkan beberapa kontroversi, bagaimanapun, ketika penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina Anton Gerashchenko mengunggah tweet bahwa AS sedang "mempersiapkan rencana untuk menghancurkan Armada Laut Hitam," mengacu pada angkatan laut Rusia saat ini di lepas pantai Ukraina.

Ditanya tentang hal ini, Juru Bicara Pentagon John Kirby mengatakan kepada wartawan bahwa dia dapat “memberi tahu Anda secara pasti bahwa itu tidak benar.”

Namun, dia tidak menyangkal AS sedang mempertimbangkan untuk mengirim Harpoon ke Ukraina.

Pada Senin, Austin mengkonfirmasi Kirby meninggalkan Pentagon dan pindah untuk bekerja di Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih. Sementara itu, tweet Gerashchenko telah dihapus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2162 seconds (0.1#10.140)